WIJAYANTI, ANIS MARLINA (2014) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEDAGANG BATIK DAN KONSUMEN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PEMBELIAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| Preview | Text ABSTRAK.pdf Download (40kB) | Preview | 
Abstract
ABSTRAK
Pasar  Beringharjo  memiliki  jumlah  pedagang  yang  sangat  banyak  dan
diperkirakan  terus  berkembang  dari  tahun  ketahun.  Semakin  bertambahnya
jumlah pedagang yang ada tentu membuat persaingan di antara para pedagang
batik  semakin  ketat.  Pedagang  batik  harus  mempunyai  strategi-strategi  dalam 
menarik  pembeli  terutama  bagi  para  pedagang-pedagang  yang  sudah  lama
berdagang di Pasar Beringharjo. Rumusan masalah yang dibuat adalah “Strategi
Komunikasi  Interpersonal  Pedagang  Batik  dan  Konsumen  Di  Pasar  Beringharjo 
Yogyakarta  Dalam  Meningkatkan  Pembelian”.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk
mengetahui strategi-strategi komunikasi yang digunakan pedagang batik di Pasar
Beringharjo Yogyakarta dalam meningkatkan pembelian konsumen. Penelitian ini 
berkaitan dengan Teori Komunikasi Interpersonal. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi
dan  wawancara.  Subyek  dari  penelitian  ini  adalah  pedagang  batik  di  Pasar
Beringharjo dan konsumen mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masingmasing pedagang batik memiliki strategi yang berbeda-beda dalam meningkatkan
pembelian  yang  dilakukan  oleh  konsumen  mereka.  Strategi  komunikasi  yang
dilakukan  para  pedagang  batik  yaitu  dengan  menggunakan  pendekatan
komunikasi secara interpersonal. Strategi komunikasi yang digunakan pedagang
batik bagi para pelanggan lama yaitu dengan komunikasi yang teratur serta selalu
menginformasikan model-model terbaru dengan harga yang kompetitif. Bagi para
konsumen baru pedagang batik menggunakan strategi dengan memasang display
yang  menarik  agar  calon  konsumen  tertarik  serta  melayani  dengan  ramah  dan 
sopan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, komunikasi interpersonal antara
pedagang batik dan konsumen terdiri dari tiga unsur yaitu pengetahuan mengenai 
produk, motif pembelian, dan kredibilitas pedagang batik dalam berkomunikasi.
v
ABSTRACT
The increasing of traders become an attraction for the researcher to inspect more
about  batik  traders  there.  Since  the  trader  is  increasing  rapidly  makes  the
competition among batik traders is become more intense. Therefore, every traders
should have many strategies to attract buyers especially for trader or seller who 
already doing bussiness for long time in that market. Based on the background,
the formulation of the problem which has been made is "How the communication
strategies which is done by Batik trader and the buyers in Yogyakarta Beringharjo 
market to increase purchases?". This research aims to know the communication
strategies which is used by batik traders and the buyers in Beringharjo Market in
Yogyakarta  to  increase  purchases.  This  research  is  related  to  Interpersonal 
Communication  Theories.  It  uses  qualitatives  researching  method  with  data
collecting technique by observation and interview. The subject of this research is
batik traders in Beringharjo market and their buyers or customers. Batik traders in
Beringharjo still using communication approach interpersonally to make their
customers feel served nicely and friendly. Communication strategy which used by
the batik traders for the loyal customers, batik traders use regular communication
by informing the newest design of batik with competitive price. For the new
customers,  the  batik  traders  use  the  strategy  of  display  laying.  They  lay  the
display as good as it can be to attract the customers attention by friendly and
courteous. Based on the research, communication interpersonal have three point.
Product  knowledge,  motif  for  buying,  and  credibility  of  batik  traders  in
communication.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management | 
| Depositing User: | Ratna Sufiatin | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2016 06:20 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2016 06:20 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8095 | 
Actions (login required)
|  | View Item |