PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pengguna Jasa Transportasi Joglosemar Executive Shutle Bus)

Ramelan, Yuni Puguh (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pengguna Jasa Transportasi Joglosemar Executive Shutle Bus). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Yuni Puguh Ramelan, NIM 152110100, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis,
2015, Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Diukur
Dari Dimensi Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati Pada
Pengguna Jasa Transportasi Joglosemar Executive Shuttle Bus, Pembimbing I
Sauptika Kancana, M.SI. dan Pembimbing II Suratna, S.Sos. M.SI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa
terhadap kepuasan pelanggan Joglosemar Executive Shutle Bus. Penelitian ini
dilakukan pada pelanggan Joglosemar Executive Shuttle Bus Yogyakarta yang
melakukan perjalanan menggunakan jasa transportasi umum. Tipe penelitian ini
adalah eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang
memakai jasa transportasi Joglosemar Executive Bus. Teknik sampling yang
digunakan adalah simple random sampling sebanyak 60 orang orang responden.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan statistik
deskriptif dan inferensial menggunakan uji asumsi klasik dan dilanjutkan dengan
regresi berganda.
Hasil penelitian menegaskan ada pengaruh yang positif secara simultan
antara variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati
terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna jasa transportasi Joglosemar
Yogyakarta. Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara bukti fisik (X1),
kehandalan (X2), daya Tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) terhadap
kepuasan pelanggan (Y).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dimensi kualitas
jasa mempengaruhi kepuasan pelanggan dan disarankan yang harapannya dapat
bermanfaat untuk perusahaan yaitu variabel bukti fisiki, merupakan variabel yang
dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan Joglosemar, hendaknya dapat
mempertahankan serta meningkatkan bentuk pelayanan yang dapat dilihat secara
langsung antara lain fasilitas fisik. Sedangkan untuk variabel kehandalan, daya
tanggap, jaminan, empati perlu ditingkatkan terutama pada bukti fisik yang
mecakup kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada
pihak eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 26 Oct 2016 08:46
Last Modified: 26 Oct 2016 08:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8063

Actions (login required)

View Item View Item