HUTAGALUNG, ESKOL TOMAS (2015) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP IKLAN MEDIA RADIO (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI
Eskol Tomas Hutagalung, NIM 152080103, Jurusan Ilmu Administrasi
Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta Tahun 2015, Analisis Sikap Konsumen Terhadap Iklan Media
Radio (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan
Politik UPN “Veteran” Yogyakarta),
Rumusan permasalahannya adalah bagaimana sikap konsumen terhadap iklan
media radio. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap
iklan media radio. Dalam penelitian ini tipe penelitian yang digunakan adalah
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta yang berlokasi
di kampus 2 UPN jalan Babarsari 2 Tambakbayan.
Teknik pengumpulan data secara primer dengan menyebarkan kuesioner yang
diberikan daftar pernyataan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis statistik deskriptif dan Test Cochran. Analisis Cochran digunakan
untuk menguji apakah atribut-atribut yang ditawarkan dari iklan media radio benarbenar
dipertimbangkan. Atribut-atribut yang ddipertimbangkan yaitu iklan media
radio, penyampaian kata-kata yang mudah dimengerti, kata-kata yang
menarik,saound effect yang enak didengar, alur cerita yang tidak panjang, kata-kata
yang humoris, ketepatan kata-kata dalam penyampaian sebuah produk, selingan katakata
yang lucu dan humoris, materi yang dekat dengan kehidupan konsumen, ide
iklan yang kreatif, pemilihan kata-kata yang kreatif, durasi iklan yang panjang, iklan
radio diselingi dengan musik, iklan yang disampakan selalu inovatif.
Setelah dilakukan tujuh kali uji Cochran Test diperoleh hasil sebesar 12.500
dan dengan nilai df sebesar 10, dan diperoleh nilai X2 sebesar 18,31. atriut-atribut
pada iklan media radio dianggap sama. Atribut yang dihilangkan yaitu ketepatan
kata-kata dalam penyampaian sebuah produk, selingankata-kata yang lucu dan
humoris, durasi iklan yang pajang.
Kemudian dilakukan analisis Model Fishbein beserta uji validitas dan
reliabilitas sebelum dilakukan analisis data dengan sampel yang digunakan sebanyak
98 responden. Teknik Sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampiling,
dengan teknik teknik penyemplingan menggunakan Purposive Sampling.
vi
Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua data dinyatakan valid dan
reliable,dengan nilai r hitung lebih dari 0,3 dan nilai Koefisien Cobach lebih dari 0,6
dengan variable Belief =0,846, dan variable Evaluasi =0,704.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa terhadap atribut
iklan radio positif, dengan indeks sikap tertinggi berada pada atribut iklan di media
radio yaitu sebesar 16,08, sedangkan atribut sound effect menempati urutan terendah
yaitu 9,98. Hal ini membuktikan bahwa responden tertarik dengan iklan di media
radio.
Kata Kunci: Sikap Konsumen,Iklan Media Radio.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:08 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |