PENGARUH CITRA MEREK DAN KEMASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TEH BOTOL SOSRO (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran’’ Yogyakarta angkatan 2014

Justiansyah, Adhitya (2015) PENGARUH CITRA MEREK DAN KEMASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TEH BOTOL SOSRO (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran’’ Yogyakarta angkatan 2014. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of ringkasan.pdf]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh citra merek dan kemasan
terhadap loyalitas konsumen teh botol Sosro secara simultan dan parsial. Penelitian ini
dilaksanakan di Kampus Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan “Veteran” Nasonal
Yogyakarta. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Dalam
penelitian ini data yang dipakai adalah sumber data primer. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode kuisoner. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa prodi Administrasi Bisnis Fisip UPN “ Veteran ” Yogyakarta angkatan 2014 yang
pernah mengkonsumsi Teh Botol Sosro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah simple random sampling dengan jumlah 60 responden. Dari kedua variabel
independen yang diuji, Adanya pengaruh yang signifikan antara citra merek dan kemasan
secara simultan terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro. Hal tersebut ditunjukkan dari
Fhitung > Ftabel besarnya nilai F sebesar 21,004 > 3,15 dengan tingkat signifikansi 0,000
(kurang dari 0,05). Ada pengaruh signifikan antara citra merek dan kemasan secara parsial
terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro. Hal tersebut ditunjukan pada variabel citra
merek t hitung > t table (3,853 > 2,000 ) dan variabel kemasan t hitung > t table (6,344 > 2,000 ).
Hasil analisis statistik inferensial, dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek dan
kemasan dalam penelitian ini mampu menerangkan 56,4 persen mempengaruhi loyalitas
konsumen. Sedangkan sisanya, 44,6 persen dijelaskan variabel atau aspek-aspek lain
diluar model. Penulis menyarankan perusahaan dapat meningkatkan citra merek dari
produk teh botol sosro sebagai identitas perusahaan dengan lebih menggiatkan promosi
terutama seperti iklan ditelevisi serta menjadi sponsor diacara-acara besar, agar lebih
diingat para konsumen. Serta, perlunya inovasi baru terhadap kemasan teh botol sosro,
terutama kemasan beling yang sudah usang modelnya. agar dapat bersaing dengan produk
pesaing lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 26 Oct 2016 06:18
Last Modified: 26 Oct 2016 06:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8018

Actions (login required)

View Item View Item