GEOLOGI DAN QUALITY CONTROL KEPADATAN TANAH OPTIMUM BERDASARKAN DENSITAS PADA KONSTRUKSI JALAN HAULING DAERAH KARANG INDAH DAN SEKITARNYA KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

PRATAMA, R. IMAM RAHMADI (2016) GEOLOGI DAN QUALITY CONTROL KEPADATAN TANAH OPTIMUM BERDASARKAN DENSITAS PADA KONSTRUKSI JALAN HAULING DAERAH KARANG INDAH DAN SEKITARNYA KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SARI - ABSTRACT.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian terletak di daerah pertambangan milik PT. Borneo Indobara, secara administrasi berada di Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Secara geografis daerah penelitian terletak pada 115°36’47” LS - 115°39’29” LS dan 3°44’29” BT - 3°41’41” BT dan pada koordinat 346000 mT – 351000 mT dan 9586500 mU - 9591500 mU UTM (Universal Transverse Mercator) WGS 1984 zona 50S dan termasuk ke dalam Cekungan Asam-asam. Luas daerah penelitian 3 km x 4 km dengan skala 1:15.000. Metodologi penelitian yang digunakan terdapat 3 tahap yaitu input meliputi tahap pendahuluan dan tahap persiapan, proses yang meliputi tahap pengambilan data dan tahap analisis data dan output yang berupa laporan dan penyajian data. Pada tahap pendahuluan yang dilakukan pembuatan pengajuan proposal dan perizinan. Pada tahap persiapan mempersiapkan menyediakan peta rupa bumi, peta geology regional lembar kota baru, mempersiapkan rencana lintasan. Pada tahap pengambilan data melakukan pengamatan dan deskripsi litologi daerah telitian, pembuatan penampang stratigrafi terukur, pengamatan morfologi dan bentang alam, penentuan satuan geomorfologi daerah telitian, dokumentasi dan pembuatan sketsa pada studi khusus yaitu pengujian laboratorium material lempung kerikilan dan lempung pasiran, penentuan tebal lapisan pembangunan jalan hauling dan jumlah compaction optimal dan melakukan quality control. Tahap analisis data yang dilakukan di studio meliputi pembuatan peta lintasan dan lokasi pengamatan, peta pola pengaliran, peta geomorfologi, peta geologi, peta desain cut and fill, pembuatan peta penampang stratigrafi terukur, merekomedasikan pembentukan badan jalan yang masih kurang nilai densitasnya dan pada laboratorium melakukan pengujian meliputi basic properties, sieve analysis, grainsize analysis dan atterberg limit. Hasil penelitian yang di dapat yaitu berdasarkan aspek-aspek geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi dua bentukan asal dan dua bentuklahan, yaitu: a. Bentukan asal denudasional yaitu satuan bentuklahan dataran bergelombang (D1) dan b. Bentukan asal fluvial yaitu satuan bentuklahan dataran aluvial (F1). Stratigrafi daerah penelitian berdasarkan kesatuan ciri litologi yang dominan dapat dikelompokkan menjadi tiga satuan lithostratigrafi tak resmi. Dari tua ke muda yaitu satuan batupasir-kuarsa Warukin, satuan batulempung Warukin dan satuan endapan aluvial. Lingkungan pengendapan yang terdapat pada daerah penelitian adalah transitional lower delta plain – lower delta plain (Horne et al, 1979) dengan umur pada Kala Miosen Tengah – Miosen Akhir. Pembentukan jalan hauling dilakukan dengan menggunakan metode cut and fill. Pada material lempung pasiran dilakukan 10 kali compaction dengan ketebalan 40 cm untuk mendapat nilai densitas sebesar 1,835 gram/cm3 dan pada material lempung kerikilan dilakukan compaction 15 kali dengan ketebalan 40 cm untuk mendapatkan nilai densitas 1,970 gram/cm3. Berdasarkan hasil dari quality control yang dilakukan pada pembangunan jalan hauling terdapat nilai densitas di atas rata-rata pada STA 2 dan nilai densitas yang masih di bawah rata-rata pada STA 3, STA 4, STA 5. Rekomendasi yang dilakukan yaitu dengan mealkukan penambahan compaction untuk menaikkan nilai densitas. Kata kunci : Densitas, basic properties, grainsize analysis, sieve analysis, atterberg limit, jalan hauling, compaction.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:48
Last Modified: 26 Oct 2016 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item View Item