Susanti, Herdiana Ayu (2013) STUDI DESKRIPTIF STRATEGI KOMUNIKASI BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Program Keluarga Berencana (KB) merupakan kebijakan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang di masa orde baru cukup berhasil dilaksanakan. Beberapa tahun belakangan ini, laju pertumbuhan penduduk Indonesia semakin tidak terkontrol dan program Keluarga Berencana (KB) mulai terlupakan setelah era reformasi. Remaja sebagai penentu keberhasilan suatu bangsa saat ini tidak terlalu memikirkan KB. Berkaca dari keberhasilan program KB di masa orde baru kepemipinan Soeharto, melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pemerintah Indonesia ingin menggalakkan kembali dan memperkenalkan program KB kepada remaja Indonesia melalui terobosan sebuah program KB tetapi untuk remaja yaitu Program Generasi Berencana (GenRe). Adapun rumusan masalah yang dibuat adalah bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mensosialisasikan Program Generasi Berencana (GenRe)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data penelitian diperoleh melalui penelitian lapangan dengan melalui tiga cara yakni: wawancara mendalam oleh beberapa informan kunci yang menjadi sumber informasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan BKKBN Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mensosialisasikan Program GenRe yaitu melalui Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe, GenRe Goes To School dan GenRe Goes To Campus, Lomba Komedi GenRe, Lomba Poster GenRe, dan Lomba Nge-rap GenRe. Selain itu, BKKBN Provinsi DIY juga menggunakan media massa sebagai media sosialisasi seperti Iklan Layanan Masyarakat di televisi dan radio, media internet dengan membuat website, blog, facebook, dan twitter, serta penggunaan papan himbauan baliho. BKKBN Provinsi DIY juga bekerjasama dengan sekolah dan perguruan tinggi dengan membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) untuk lebih mendekatkan diri pada remaja dan mahasiswa. ABSTRACT Family planning program (KB) is a policy to reduce the rate of population growth in the new order quite successfully implemented. In recent years, the rate of population growth in Indonesia increasingly out of control and family planning program (KB) began to be forgotten after the reform era. Youth as a determinant of the success of a nation while they are thinking about family planning. Reflecting the success of family planning programs in leadership be Soeharto's New Order era, through the National Population and Family Planning (BKKBN) Indonesian government wants to introduce, promote and teens Indonesian family planning program to break through a family planning program but for teens that Generation Program Planning (GenRe). The formulation of the problem created is how the communication strategy that made the National Population and Family Planning (BKKBN) Special Region of Yogyakarta in disseminating Generation Program Planning (GenRe)?. This research using a qualitative approach with methods of descriptive. Research data obtained through field research through three ways: in-depth interviews by several key informant who became a source of information, observation, and study of the literature. The results showed that the communication strategy undertaken BKKBN Yogyakarta special region province in disseminating the Program GenRe, namely through the Election of Student Ambassadors of the GenRe, GenRe Goes To School and GenRe Goes To Campus, The Comedy GenRe, GenRe Poster Competition Contest Rap GenRe. In addition, the BKKBN Yogyakarta also uses the mass media as a medium of dissemination such as public service announcements on television and radio, internet media by creating a website, blog, facebook, and twitter, as well as the use of advisory boards, billboards. BKKBN Yogyakarta also cooperated with schools and colleges to form the Centre of Information and Counseling Teenagers/Students (PIK R/M) for a more closer in teenagers and college students.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:37 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8002 |
Actions (login required)
View Item |