STUDI DESKRIPTIF STRATEGI KOMUNIKASI BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE)

Susanti, Herdiana Ayu (2013) STUDI DESKRIPTIF STRATEGI KOMUNIKASI BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Program Keluarga Berencana (KB) merupakan kebijakan untuk menekan
laju pertumbuhan penduduk yang di masa orde baru cukup berhasil dilaksanakan.
Beberapa tahun belakangan ini, laju pertumbuhan penduduk Indonesia semakin
tidak terkontrol dan program Keluarga Berencana (KB) mulai terlupakan setelah
era reformasi. Remaja sebagai penentu keberhasilan suatu bangsa saat ini tidak
terlalu memikirkan KB. Berkaca dari keberhasilan program KB di masa orde baru
kepemipinan Soeharto, melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana
Nasional (BKKBN) pemerintah Indonesia ingin menggalakkan kembali dan
memperkenalkan program KB kepada remaja Indonesia melalui terobosan sebuah
program KB tetapi untuk remaja yaitu Program Generasi Berencana (GenRe).
Adapun rumusan masalah yang dibuat adalah bagaimana strategi komunikasi yang
dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mensosialisasikan Program Generasi
Berencana (GenRe)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Data-data penelitian diperoleh melalui penelitian lapangan dengan
melalui tiga cara yakni: wawancara mendalam oleh beberapa informan kunci yang
menjadi sumber informasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan BKKBN Provinsi
Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mensosialisasikan Program GenRe yaitu
melalui Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe, GenRe Goes To School dan GenRe
Goes To Campus, Lomba Komedi GenRe, Lomba Poster GenRe, dan Lomba
Nge-rap GenRe. Selain itu, BKKBN Provinsi DIY juga menggunakan media
massa sebagai media sosialisasi seperti Iklan Layanan Masyarakat di televisi dan
radio, media internet dengan membuat website, blog, facebook, dan twitter, serta
penggunaan papan himbauan baliho. BKKBN Provinsi DIY juga bekerjasama
dengan sekolah dan perguruan tinggi dengan membentuk Pusat Informasi dan
Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) untuk lebih mendekatkan diri pada
remaja dan mahasiswa.

ABSTRACT
Family planning program (KB) is a policy to reduce the rate of population
growth in the new order quite successfully implemented. In recent years, the rate
of population growth in Indonesia increasingly out of control and family planning
program (KB) began to be forgotten after the reform era. Youth as a determinant
of the success of a nation while they are thinking about family planning.
Reflecting the success of family planning programs in leadership be Soeharto's
New Order era, through the National Population and Family Planning (BKKBN)
Indonesian government wants to introduce, promote and teens Indonesian family
planning program to break through a family planning program but for teens that
Generation Program Planning (GenRe). The formulation of the problem created is
how the communication strategy that made the National Population and Family
Planning (BKKBN) Special Region of Yogyakarta in disseminating Generation
Program Planning (GenRe)?. This research using a qualitative approach with
methods of descriptive. Research data obtained through field research through
three ways: in-depth interviews by several key informant who became a source of
information, observation, and study of the literature. The results showed that the
communication strategy undertaken BKKBN Yogyakarta special region province
in disseminating the Program GenRe, namely through the Election of Student
Ambassadors of the GenRe, GenRe Goes To School and GenRe Goes To
Campus, The Comedy GenRe, GenRe Poster Competition Contest Rap GenRe. In
addition, the BKKBN Yogyakarta also uses the mass media as a medium of
dissemination such as public service announcements on television and radio,
internet media by creating a website, blog, facebook, and twitter, as well as the
use of advisory boards, billboards. BKKBN Yogyakarta also cooperated with
schools and colleges to form the Centre of Information and Counseling
Teenagers/Students (PIK R/M) for a more closer in teenagers and college
students.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:37
Last Modified: 26 Oct 2016 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item