PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Kuantitatif Komunikasi Pendidikan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta)

Kuswardani, Tunjung (2014) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Kuantitatif Komunikasi Pendidikan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam keluarga yang sesungguhnya, komunikasi merupakan sesuatu yang harus dibina, sehingga anggota keluarga merasakan ikatan yang dalam serta saling membutuhkan. Sebagai kelompok sosial yang pertama, berbagai macam pengetahuan mengenai adat, moral, nilai-nilai serta norma dan kebudayaan diajarkan oleh keluarga. Hal ini harus ditanamkan dalam diri anak sejak dini agar anak dapat tumbuh seiring dengan apa yang menjadi keinginan orangtua serta memiliki karakter tersendiri yang tentunya akan berguna di masa mendatang. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta karena pada tiga tahun terakhir, sekolah tersebut mampu meluluskan siswanya 100% serta sekolah tersebut termasuk dalam kategori sekolah favorit dengan keunggulan sekolah berbasis ICT (Information Communication Technology). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh komunikasi interpersonal dalam keluarga terhadap tingkat prestasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Hal ini dikarenakan mengingat bahwa pendidikan karakter merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel dependen yaitu komunikasi interpersonal dalam keluarga, variabel indenpenden yaitu tingkat prestasi belajar siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Firo (Fundamental Interpersonal Relations Orientations) atau Teori Kebutuhan Antarpribadi dan Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Hasil penelitian dari hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel komunikasi interpersonal dalam keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat prestasi belajar siswa sebesar 34,1%. Hal ini berarti semakin tinggi intensitas komunikasi interpersonal dalam keluarga, maka tingkat prestasi belajar siswa pun juga akan ikut semakin meningkat. Kata kunci: komunikasi pendidikan, komunikasi dengan orangtua, prestasi belajar, siswa SMA. ABSTRAC In a real family, communication is something that must be nurtured, so that family members feel a deep bond and need each other. As the first social group, various kinds of knowledge about the customs, morals, values and norms and culture taught by the family. It is to be instilled in children early so that children can grow in line with what the parents' wishes and has its own character, which would certainly be useful in the future. Location of the research conducted at SMA Negeri 7 Yogyakarta since the last three years, the school is able to grant 100% of their students and the school is included in the category of favorite school with the advantages of school-based ICT (Information Communication Technology). The purpose of this study was to determine how the effects of interpersonal communication in the family to the level of student achievement and how big influence. This is because given that character education is an important thing to do. The research method is quantitative descriptive type. The variable in this study is the dependent variable is interpersonal communication within the family, which is the level of independently variable student achievement. The theory used in this study is Firo Theory (Fundamental Interpersonal Relations Orientations) or Interpersonal Needs Theory and S-O-R (Stimulus-Organism-Response) Theory. The results of the study of the results of the simple linear regression showed that the variables of interpersonal communication in the family has a significant impact on student achievement levels by 34.1 %. This means that the higher the intensity of interpersonal communication in the family, then any level of student achievement will also increase. Keywords : educational communication, communication with parents, learning achievement, high-school students.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:37
Last Modified: 26 Oct 2016 02:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7991

Actions (login required)

View Item View Item