UPAYA MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Studi Deskriptif pada PT. BOROBUDUR OTO MOBIL YOGYAKARTA)

Samusi, Moh (2014) UPAYA MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Studi Deskriptif pada PT. BOROBUDUR OTO MOBIL YOGYAKARTA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta dalam membangun loyalias konsumen melalui komunikasi interpersonal, dan juga untuk mengetahui faktor penghambat dalam upaya membangun loyalitas konsumen melalui komunikasi interpersonal, kemudian untuk mengetahui kekurangan komunikasi interpersonal yang dilakukan dan untuk menganalisis upaya PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta dalam membangun loyalitas konsumen melalui komunikasi interpersonal, dimana perusahaan ini merupakan dealer resmi Mitsubishi yang berada didaerah Yogyakarta. Perkembangan dunia usaha di daerah Yogyakarta semakin semakin berkembang pesat, berkembangnya dunia usaha ini menjadikan persaingan yang semakin ketat. Tentunya sebuah perusahaan harus bekerja lebih untuk dapat mempertahankan pelangganya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana metode tersebut untuk mengetahui upaya membangun loyalitas konsumen melalui komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta sudah efektif atau belum. Pengumpulan data dan informasi pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada Pimpinan, Bagian Marketing, dan Konsume mengenai pelayanan yang diberikan oleh PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta. Selain wawancara, peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Hasil peneltian ini yaitu, PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta mengunakan komunikasi interpersonal melalui strategi Personal Selling untuk dapat membangun loyalitas konsumennya. Personal Selling yang dijalankan PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta adalah dengan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan semua konsumnnya. Kemudian juga dengan mengadakan Pameran (Moving Exhibition) dan Penyebaran brosur (direct mail). Selain dua kegiatan tersebut PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta juga mengembangkan konsep A3 dalam upaya meningkatkan pelayanannya yaitu Attitude (sikap), attention (perhatian) dan action (tindakan). Dari peningkatan pelayanan tersebut diharapkan konsumen lebih merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta dan dengan demikian dapat mengtasi semua faktor penghambat dan kekurangan upaya yang dilakukan PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta dalam membangun loyalitas konsumen melalui komunikasi interpersolan dan akhirnya konsumen dapat loyal pada perusahaan. Kata kunci: Upaya membangun loyalitas konsumen, komunikasi interpersonal. ABSTRACT This study aims to determine the efforts made by PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta in building customer loyalty through interpersonal communication, and also to determine the inhibiting factors, deficiencies and analyze the efforts of PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta in building customer loyalty through interpersonal communication, where the company is Mitsubishi authorized dealers are located in the area of Yogyakarta. Business development in the area of Yogyakarta increasingly growing rapidly, growing the business world makes competition increasingly fierce. Surely a company must work to maintain their customer. This research uses descriptive qualitative method, wherein the method is to determine the efforts to build customer loyalty through interpersonal communication conducted by PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta has been effective or not. The collection of data and information on this study, researchers conducted interviews to the Chief, Section Marketing, Consumers regarding the services provided by PT Oto Car Borobudur Yogyakarta. In addition to interviewing researchers also conducted observation and documentation to obtain complete information. The results of this research, namely, PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta using interpersonal communication through Personal Selling strategies to build consumer loyalty. Personal Selling run PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta is to maintain good relations between the company and all of its customers. Then by holding exhibits ( Moving Exhibition ) and Distribution of brochures ( direct mail ). In addition to these two activities of PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta also develop A3 concept in an effort to improve its service ,namely Attitude, attention and action. Of these services is expected to increase in consumers are more satisfied with the services provided by PT Borobudur Oto Mobil Yogyakarta and thus consumers can be loyal to the company. Keywords : Efforts to build customer loyalty , interpersonal communication .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:27
Last Modified: 26 Oct 2016 01:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item View Item