ALTOBELLI PANDIANGAN., JOHAN (2012) Pengaruh Harga, Kualitas dan Citra Pada Produk Private Label Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ASIA BARU Supermarket di Solo. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
Abstract
Dalam kondisi persaingan yang ketat saat ini dalam bisnis ritel
menuntut perusahaan
untuk mampu menciptakan strategi dan kebijakan yang tepat dalam pengambilan langkah
pengembangan pasar serta perebutan pasar pesaing. Dalam hal ini pemasaran merupakan faktor
pen
ting, pemasaran merupakan suatu konsep yang melihat bisnis dari nilai akhirnya.
Banyak
strategi yang diciptakan perusahaan dalam menarik pelanggannya seperti menciptakan produk
berkualitas dengan harga yang murah.
Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan
adalah
bagaimana menilai
pelanggan terhadap
pengaruh keputusan pembelian produk yang akan
dipasarkan khususnya disini adalah
Produk Private Label
.
Tuj
u
an penelitian ini
adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh Harga,
Kualitas dan Citra secara serem
pak/simultan terhadap keputusan pembelian
produk
private label
di
ASIA BARU Supermarket
di Solo; (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh Harga,
Kualitas dan Citra secara parsial terhadap keputusan pembelian produk
private label
di ASIA
BARU Supermarket di
Solo.
Penelitian ini dilakukan pada ASIA BARU Supermarket yang berlokasi di Jl.Urip
Sumo
harjo No.244 solo kota/jebres. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan
tek
nik non probability sampling
dengan menggunakan metode
teknik
purposive
sampling
. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen ASIA BARU Supermarket dan
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen ASIA BARU Supermarket yang
pernah melakukan pembelian produk
private label
di ASIA BARU Supermarket
yang berjumlah
150 responden.
Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas yaitu Harga, Kualitas dan Citra,
sedangkan sebagai variabel terikat adalah keputusan pembelian dalam kuesioner.
Teknik
analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah anali
sis regresi linier
berganda. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=
-
1,533 + 0,263
+
0,073
+ 0,867
.
Variabel independen yang berpengaruh terhadap variabel dependen adalah
variabel harga (0,263), diikuti oleh variabel Kualitas (
0,073), dan terakhir adalah variabel Citra
(0,867). Hasil uji t membuktikan bahwa semua variabel independen (Harga, Kualitas dan Citra)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan
pembelian konsumen. Artinya menurut
konsumen ketiga variabel independen tersebut dianggap
penting
ketika akan melakukan keputusan pembelian
produk private label
di ASIA BARU
Supermarket. Saran yang dapat diberikan pada pihak ASIA BARU Supermarket dengan
memperhatikan ketiga variabel tersebu
t dengan begitu maka keputusan pembelian konsumen
akan lebih meningkat lagi dan lebih tertarik melakukan pembelian di ASIA BARU Supermarket.
Kata kunci : Harga, Kualitas, Citra, Keputusan Pembelian Konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 01:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 01:01 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |