FASHION HIJAB SEBAGAI IDENTITAS DIRI BAGI MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Nadhesa, Adilla (2014) FASHION HIJAB SEBAGAI IDENTITAS DIRI BAGI MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abs.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Mengkomunikasikan identitas diri menggunakan medium fashion adalah hal umum yang dilakukan oleh banyak orang. Salah satu pilihan fashion tersebut adalah hijab. Tren fashion berhijab belakangan ini sedang marak di Indonesia. Para wanita muslim khususnya yang tinggal di kota-kota besar banyak yang mengikuti tren fashion ini. Hijab yang mereka pakai banyak dipengaruhi oleh kehadiran komunitas wanita berhijab seperti hijabers community, serta beberapa publik figur yang juga memakai hijab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran tentang fenomena tren fashion berhijab di kalangan wanita muda dan pemaknaan hijab yang dipakai oleh para mereka. Penelitian ini mengacu pada konsep fashion sebagai komunikasi sebagai medium yang digunakan seseorang untuk menyatakan sesuatu pada orang lain. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap sepuluh orang informan yakni para mahasiswi Universitas Islam Indonesia yang memakai hijab yang tinggal didekat kampus Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Hasil temuan penelitian menggambarkan Hijab yang dipakai oleh para wanita muslim digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, menunjukkan identitas diri, dan sebagai media ekspresi diri. Pesan utama yang ingin dinyatakan oleh para wanita berhijab ini adalah bahwa selain melaksanakan perintah agama, mereka juga bisa tampil modis dan fashionable, serta tetap aktif dengan berbagai macam kegiatan tanpa terganggu hijab yang mereka pakai. Kata kunci: hijab; tren fashion; identitas diri. ABSTRACT Communicate the identity through fashion as a medium are common things that many peoples do. One of that option is the hijab. Hijab fashion trends recently emerging in Indonesia. Muslim woman especially those who lives in a big cities follow this fashion trends. Hijab which they wear affected a lot by the presence of community of women wearing the hijab such as hijabers community, as well as some public figures who also wears the hijab. This research is a qualitative research with descriptive approach. This research provides an overview of hijab fashion trends phenomenon among young women and the meaning of the hijab they worn. This research refers to the concept of fashion as communication as medium that used to express something to others. Data were obtained through in-depth interviews of ten informants that is women students of Islamic University of Indonesia who wear hijab that living in near Islamic University of Indonesia, Yogyakarta. This research describes the hijab worn by muslim women used to convey certain messages, show identity, and as a medium of self-expression. The main message expressed by the women’s hijab is that in addition to carrying out the religious orders, they can also look fashionable, and stay active with a variety of activities without being bothered by their hijab. Keywords: veil; fashion trends; personal identity

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:28
Last Modified: 25 Oct 2016 04:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item