KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DESA WISATA PENTINGSARI DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN PASCA ERUPSI MERAPI 2010

Handarbeni. T, Dwi (2014) KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DESA WISATA PENTINGSARI DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN PASCA ERUPSI MERAPI 2010. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak PR.pdf]
Preview
Text
Abstrak PR.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran dianggap paling efektif untuk mengubah sikap,
pendapat dan perilaku seseorang. Komunikasi pemasaran memiliki lima
saluran yaitu periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan
personal, humas dan publisitas. .Obyek Wisata Desa Wisata Pentingsari
pasca erupsi Merapi 2010 berhasil menarik minat wisatawan yang
berkunjung, karena Desa Wisata Pentingsari memiliki keunikan serta daya
tarik yang membuat Wisatawan ingin berkunjung dan menikmati alam
pedesaan di Desa Wisata Pentingsari. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dampak dari kegiatan komunikasi pemasaran pariwisata Desa
Wisata Pentingsari dalam menarik minat Wisatawan yang berkunjung. Teori
yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori bauran promosi yang
menjelaskan strategi pemasaran uatu produk atau jasa menggunakan media
promosi untuk merubah sikap konsumen terhadap pesan yang disampaikan,
dan berdampak terhadap konsumen tertarik untuk berkunjung ke Desa
Wisata Pentingsari. Contoh komunikasi pemasaran pariwisata yang
digunakan adalah media visual dengan menulis ulasan mengenai daya tarik
dan keunikan Desa Wisata Pentingsari. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
deskriptif kualitatif. Hasil analisis diperoleh, komunikasi pemasaran
pariwisata Desa Wisata Pentingsari dikatakan berhasil karena ditunjukkan
dengan peningkatan kunjungan Wisatawan pasca erupsi tahun 2010-2011,
selanjutnya di tahun berikutnya kunjungan Wisatawan kembali pulih, hal ini
ditunjukkan dengan data angka pengunjung yang seimbang seperti sebelum
erupsi Merapi 2010.

ABSTRACK
Considered the most effective marketing communications to change attitudes,
opinions and behavior. Marketing communications has five channels , namely
advertising , direct marketing , sales promotion , personal selling , public relations
and publicity. Tourism Village Tourism Object Pentingsari post eruption in 2010
caught the interest of tourists visiting , because Pentingsari Tourism Village has a
unique and charm makes Travelers want to visit and enjoy the countryside in the
village of Tourism Pentingsari . Merapi 2010. Study aimed to analyze the impact
of marketing communications activities Pentingsari Tourism Village tourism in
attracting tourists who visit . The theory used in this study is the theory that
explains the promotion mix strategy of marketing a product or service using
media campaigns to change consumer attitudes toward the message , and the
impact on consumers interested in visiting Pentingsari Tourism Village .
Examples of the use of tourism marketing communication is visual media by
writing a review on the attractiveness and uniqueness Pentingsari Tourism Village
. This type of research is descriptive qualitative research . The results obtained by
the analysis of marketing communications Pentingsari Tourism Village tourism is
successful as indicated by an increase in post-eruption photos visit in 2010-2011 ,
then in the next year recovering Travelers visit , it is shown by the data such as the
number of visitors equal before the eruption of 2010.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:28
Last Modified: 25 Oct 2016 02:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item