ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS PT KANISIUS YOGYAKARTA DITINJAU DARI ISO 9001 : 2008 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT)

Culastri Br. Hutahuruk, Zefanya (2014) ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS PT KANISIUS YOGYAKARTA DITINJAU DARI ISO 9001 : 2008 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem manajemen kualitas PT KANISIUS Yogyakarta. PT KANISIUS Yogyakarta adalah Perusahaan yang menerbitkan dan juga mencetak barang berupa buku. PT KANISIUS Yogyakarta memakai ISO 9001:2008 sebagai acuan utama dalam sistem manajemen kualitas. Akan tetapi standar ISO ini belum sepenuhnya diterapkan pada semua bagian perusahaan. Hanya terdapat pada bagian Percetakan (produksi) saja. Berdasarkan tujuan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan cara mengevaluasi Sistem Manajemen Kualitas yang ada di PT KANISIUS Yogyakarta dengan mendasarkan standarisasi ISO 9001:2008 kemusian ditinjau menggunakan pendekatan Context, Input, Process, Product (CIPP). Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif, maka penelitian ini menggunakan teknik sampling bersifat purposive. Informan yang digunakan adalah Kepala Departemen Produksi, Kepala Bagian Renbag SDM, Kepala Bagian Pasca Cetak, Karyawan Produksi dan Karyawan Sekertariat ISO. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pedoman wawancara mendalam dan terstruktur checklist. Uji keabsahan dalam penelitian ini dengan triangulasi sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan kemudian menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Manajemen Kualitas dengan standar ISO 9001:2008 pada PT KANISIUS Yogyakarta sudah berjalan baik, hanya terdapat kendala pada bagian mesin dan karyawan yang terkadang terdapat kesalahpahaman dari informasi yang didapatnya karena perbedaan divisi pekerjaan dan latar belakang pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kedepannya PT KANISIUS Yogyakarta mengadakan pelatihan mengenai pengembangan diri dan pembelian mesin cetak baru untuk menggantikan mesin cetak lama agar mempercepat waktu produksi. Dengan adanya penelitian ini, maka peneliti lainnya baik itu mahasiswa ataupun ilmuwan dapat mengembangkan dan meneliti pengetahuan yang terkait dengan penerapan Sistem Manajemen Kualitas dengan standarisasi ISO 9001:2008 menggunakan pendekatan Context, Input, Process, Product (CIPP). Kata Kunci : Penerapan Sistem Manajemen Kualitas, ISO 9001:2008, Pendekatan CIPP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:38
Last Modified: 20 Oct 2016 07:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item