Culastri Br. Hutahuruk, Zefanya (2014) ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS PT KANISIUS YOGYAKARTA DITINJAU DARI ISO 9001 : 2008 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem
manajemen kualitas PT KANISIUS Yogyakarta. PT KANISIUS Yogyakarta adalah
Perusahaan yang menerbitkan dan juga mencetak barang berupa buku. PT KANISIUS
Yogyakarta memakai ISO 9001:2008 sebagai acuan utama dalam sistem manajemen
kualitas. Akan tetapi standar ISO ini belum sepenuhnya diterapkan pada semua bagian
perusahaan. Hanya terdapat pada bagian Percetakan (produksi) saja.
Berdasarkan tujuan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan cara
mengevaluasi Sistem Manajemen Kualitas yang ada di PT KANISIUS Yogyakarta dengan
mendasarkan standarisasi ISO 9001:2008 kemusian ditinjau menggunakan pendekatan
Context, Input, Process, Product (CIPP). Sumber data penelitian ini adalah data primer dan
data sekunder.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi dengan pendekatan
kualitatif, maka penelitian ini menggunakan teknik sampling bersifat purposive. Informan
yang digunakan adalah Kepala Departemen Produksi, Kepala Bagian Renbag SDM, Kepala
Bagian Pasca Cetak, Karyawan Produksi dan Karyawan Sekertariat ISO. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan dengan pedoman wawancara mendalam dan terstruktur checklist. Uji keabsahan
dalam penelitian ini dengan triangulasi sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan
mereduksi data, menyajikan kemudian menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Manajemen Kualitas
dengan standar ISO 9001:2008 pada PT KANISIUS Yogyakarta sudah berjalan baik, hanya
terdapat kendala pada bagian mesin dan karyawan yang terkadang terdapat kesalahpahaman
dari informasi yang didapatnya karena perbedaan divisi pekerjaan dan latar belakang
pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kedepannya PT KANISIUS Yogyakarta
mengadakan pelatihan mengenai pengembangan diri dan pembelian mesin cetak baru untuk
menggantikan mesin cetak lama agar mempercepat waktu produksi. Dengan adanya
penelitian ini, maka peneliti lainnya baik itu mahasiswa ataupun ilmuwan dapat
mengembangkan dan meneliti pengetahuan yang terkait dengan penerapan Sistem
Manajemen Kualitas dengan standarisasi ISO 9001:2008 menggunakan pendekatan
Context, Input, Process, Product (CIPP).
Kata Kunci : Penerapan Sistem Manajemen Kualitas, ISO 9001:2008, Pendekatan CIPP
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |