ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL IE MATRIK (Studi di Hotel The Royal Surakarta Heritage)

DILIYANIK SUTRISNO, IKE (2016) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL IE MATRIK (Studi di Hotel The Royal Surakarta Heritage). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan pada industri tertentu, pasti diperhadapkan pada kondisi
persaingan yang semakin meningkat dalam keterbukaan bisnis. Di Indonesia
industri di bidang jasa salah satunya adalah industri perhotelan. Industri
perhotelan atau akomodasi merupakan bagian dari pariwisata yang tidak dapat
dipisahkan. Salah satu hotel di kota Solo yaitu The Royal Surakarta Heritage di
Jl. Slamet Riyadi No.6 Solo, Central Java-Indonesia. Ketatnya persaingan bisnis
yang ada menuntut The Royal Surakarta Heritage untuk mengantisipasinya
melalui perumusan strategic planning. Proses manajemen strategis terdiri atas tiga
tahap: perumusan strategi, penerapan strategi dan penilaian strategi.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) Mengidentifikasi dan menganalisis
faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi
strategi pemasaran di Hotel The Royal Surakarta Heritage. (2) Merumuskan dan
menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan di Hotel
The Royal Surakarta Heritage
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
diterapkan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara terpadu
(kuisioner) dan dan dokumen. Responden dalam penelitian ini yaitu Responden
orang yang menginap di hotel The Royal Surakarta Heritage sebanyak 30 orang
dan Karyawan hotel The Royal Surakarta Heritage bagian public relation 2 orang.
Sampel penelitian yaitu (1) orang yang menggunakan jasa atau pernah menginap
di hotel The Royal Surakarta Heritage dan (2) orang yang bekerja sebagai
karyawan di hotel The Royal Surakarta Heritage. Matrik IE membantu dalam hal
analisis lebih lanjut. Sebelum membuat matrik IE, terlebih dahulu dilakukan
analisis EFAS dan IFAS.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : (1) Faktor-faktor lingkungan
internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi strategi pemasaran di Hotel
The Royal Surakarta Heritage. Posisi strategis The Royal Surakarta Heritage
setelah dilakukan analisis pada lingkungan internal dan eksternal baik pada masa
sekarang maupun pada masa mendatang maka langkah selanjutnya adalah
memindahkan skor nilai ke dalam matrik IFAS/EFAS. Hasil nilai skor total untuk
IFAS adalah 3,817 dan skor nilai EFAS sebesar 4,61 (2) Alternatif Strategi
Pemasaran yang Sesuai Untuk Diterapkan di Hotel The Royal Surakarta Heritage.
Posisi The Royal Surakarta Heritage pada sel I ada beberapa alternatif strategi
yang dapat dilakukan yaitu strategi intensif dan strategi integratif. Dalam strategi
intensif, tindakan yang dapat dilakukan adalah penetrasi pasar (market
penetration), yaitu mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk atau jasa
yang sudah ada sekarang melalui usaha pemasaran yang lebih gencar. Strategi
iintegratif juga dapat dilakukan dengan pengembangan pasar (market
development) dalam pengertian memperkenalkan produk/jasa yang sudah ada ke
wilayah geografis baru. Selain itu dalam strategi ini dapat juga dilakukan
pengembangan produk (product development) dengan menciptakan produk baru
yang inovatif dan menambah variasi produk.
Kata kunci: Strategi pemasaran jasa, model IE matriks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:22
Last Modified: 20 Oct 2016 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item