MELIANDARI, DEVINA (2014) “PENGARUH ROE (Return on Equity) dan EPS (Earning Per Share) TERHADAP HARGA SAHAM“ (Studi pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada BEI pada tahun 2008-2012). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ring.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial ROE (Return On Equity) dan EPS (Earning Per Share) terhadap harga saham perusahaan industry makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2008-2012. Penelitian ini menggunakan tipe Eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan 16 Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2008-2012. Metode pengambilan sampel purpose sampling. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelirtian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel ROE (Return On Equity) dan EPS (Earning Per Share) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hal ini dapat dilihat dari hasil Fhitung (12.086) > Ftabel (3.175) dengan nilai probability value 0,000 < 0,05. Sedangkan secara parsial variabel ROE berpengaruh terhadap harga saham perusahaan, hal ini terlihat dari thitung (4.850) > ttabel (2.0066) dengan nilai probability value kurang dari nilai signifikan yaitu, 0,000 <0,05. Sedangkan secara parsial variabel EPS tidak berpengaruh secara parsial terhadap harga saham, hal ini terlihat dati hasil thitung(-1.185) < ttbel (2.0066) dengan nilai probability value 0,241 > 0,05. Penelitian ini berkesimpulan bahwa secara simultan variabel ROE (Return On Equity) dan EPS (Earning Per Share) berpengaruh signifikan terhadap hharga saham. Secara parsial hanya variabel ROE (Return On Equity) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel EPS (Earning Per Share) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Penulis menyarankan kepada pihak perusahaan yang tergabung dalam perusahaan industry makanan dan minuman agar tetap menjaga profitabilitas perusahaan dan menjaga kesetabilan indikator-indikator yang bisa mempengaruhi harga saham, agar investor berminat menanamkan modalnya dan berminat berinvestasi pada saham perusahaan industry makanan dan minuman.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 06:43 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 06:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7861 |
Actions (login required)
View Item |