Indiarta, Chandra (2014) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Penginapan (Villa) Bungalo Dikawasan Wisata Pantai Watukarung Pacitan. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Kualitas memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan konsumen serta kebutuhannya. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan pada gilirannya kepuasan tersebut dapat menciptakan kesetiaan atau loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy) baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatory. Penelitian ini dilaksanakan di penginapan (villa) Bungalo di kawasan Wisata pantai Watukarung Pacitan. Sampel yang digunakan adalah tamu menginap di villa Bungalo dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Probability Sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengambilan data menggunakan angket/ kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, yang sebelumnya telah diuji terlebih dahulu dengan uji multikolinieritas, normalitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) secara simultan terhadap kepuasan konsumen. (2) Tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) Reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (4) Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (5) Assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (6) Emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan pada dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Saran untuk penelitian berikutnya hendaklah tidak hanya mereplikasi model yang sudah ada, melainkan dapat menambah variabel-variabel lain untuk mengetahui variabel-variabel lain yang mempengaruhi dari kepuasan. Bagi pengelola penginapan villa Bungalo, disarankan agar meningkatkan kepuasan konsumen melalui pengingkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 03:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 03:34 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7846 |
Actions (login required)
View Item |