Miharja, Asep Dana (2015) ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP WORD OF MOUTH (WOM) PROMOTION SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Yamaha di Kabupaten Sleman). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
|
Text
abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
i ABSTRAK Berdasar penjualan Sepeda Motor di Indonesia, Yamaha belum dapat menjadi pesaing serius bagi Honda di tahun 2014 karena selisih penjualan yang masih jauh. Pokok masalah dalam penelitian ini menyoroti tentang bagaimana kekuatan ekuitas merek yang terdiri dari elemen kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas merek dapat mempengaruhi word of mouth pada sepeda motor Yamaha. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap word of mouth sepeda motor Yamaha. Populasi dari penelitian ini meliputi masyarakat di kabupaten Sleman. Sampel yang diambil yaitu sebesar 102 responden dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi : Y = 0,447 X1 + 0,413 X2 + 0,208 X3 Dimana (Y) merupakan variabel word of mouth, sedangkan (X1) adalah kesadaran merek, (X2) adalah asosiasi merek, dan (X3) adalah persepsi kualitas merek. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara positif mempengaruhi variabel dependen word of mouth. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas merek layak untuk menguji variabel dependen (WOM). Adjusted R Square, diperoleh sebesar 0,502. Hal ini berarti 50,2 % word of mouth dapat dijelaskan oleh variabel kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas merek. Sedangkan sisanya 49,8 % variabel word of mouth dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan word of mouth
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 08:14 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 08:14 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7822 |
Actions (login required)
View Item |