MUJIB HIDAYAT, ACHMAD (2014) FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI PRODUK HELM MEREK KYT (Studi pada konsumen produk helm merek KYT yang menjadi anggota komunitas JPN dan JVC). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAKSI Achmad Mujib Hidayat.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam membeli produk helm merek KYT dan untuk
mengetahui faktor apa yang mempunyai kontribusi paling besar terhadap
keputusan konsumen dalam membeli produk helm merek KYT. Tipe penelitian
ini adalah eksploratory karena peneliti ingin menggali atau mencari faktor- faktor
apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk helm merek KYT
dan faktor apa yang memiliki kontribusi paling besar terhadap keputusan
konsumen dalam membeli produk helm merek KYT. Penelitian ini dilakukan
dengan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data. Populasi yang menjadi
penelitian ini sebanyak 107 yaitu konsumen produk helm merek KYT yang
menjadi anggota komunitas JPN dan JVC. Data yang dikumpulkan adalah data
primer dan data sekunder.
Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap. Tahap pertama adalah dengan
menggunakan judgement dan FGD (Focus Group Discussion). FGD yaitu metode
pengumpulan data atau informasi mengenai permasalahan tertentu secara spesifik
melalui diskusi kelompok. FGD dilakukan dengan 10 responden dan
menghasilkan 29 indikator yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli
produk helm merek KYT. Tahap kedua adalah dengan melakukan Test Cochran
yang dilakukan untuk menguji indikator- indikator mana yang valid. Test Cochran
dilakukan dengan jumlah responden 30 dan menghasilkan 18 indikator yang
mempengaruhi konsumen membeli produk helm merek KYT.
Tahap ketiga adalah melakukan analisis faktor yang dimana 18 indikator
yang sudah valid disederhanakan dan dikelompokkan menjadi beberapa faktor.
Kuesioner disebarkan pada 52 responden dengan teknik probability sampling
dimana simple random sampling digunakan untuk penarikan sampel. Hasilnya
didapatkan 6 faktor yang mempengaruhi konsumen yaitu faktor 1 diberi nama
faktor rekomendasi teman, dengan eigenvalue 3,517, terdiri dari rekomendasi dari
teman, sesuai situasi ekonomi dan sesuai gaya hidup. Faktor 2 diberinama faktor
distribusi dengan eigenvalue 2,062, terdiri dari indikator mudah didapatkan, harga
bervariatif, harga jual kembali tinggi. Faktor 3 diberinama faktor produk dengan
eigenvalue 1,811, terdiri dari indikator merek terkenal, nyaman dipakai, desain
bagus. Faktor 4 diberinama faktor kualitas dengan eigenvalue 1,554, terdiri dari
indikator busa empuk dan banyak pilihan model. Faktor 5 diberinama faktor
promosi dengan eigenvalue 1,253, terdiri dari indikator dipakai pembalap GP dan
sikap positif terhadap merek KYT. Faktor 6 diberinama faktor lingkungan dengan
eigenvalue 1,096, terdiri dari indikator di lingkungan banyak yang menggunakan
produk dan sertifikasi internasional DOT.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 07:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 07:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |