STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERKENALKAN SENDRATARI KOLOSAL SUBALI-SUGRIWA DI GOA KISKENDO (Studi Dilakukan Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo)

Nurdiyanto, Hana (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERKENALKAN SENDRATARI KOLOSAL SUBALI-SUGRIWA DI GOA KISKENDO (Studi Dilakukan Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam rangka penguatan objek-objek wisata di Kabupaten Kulon Progo, Dinas Budparpora membuatkan sebuah sendratari kolosal tentang cerita Ramayana Subali Sugriwa yang bertempat di Pendopo Goa Kiskendo, yang merupakan cerita asli dari Goa Kiskendo. Hal ini mendorong penulis untuk meneliti tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Budparpora dalam memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali Sugriwa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Budparpora untuk memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali Sugriwa di Goa Kiskendo. Teori Pemasaran Sosial dipakai untuk menggambarkan aktivitas komunikasi pemasaran, teori ini memberikan penyedia sebuah kerangka untuk merancang, melakukan, dan mengevaluasi kampanye informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang memfokuskan pada strategi komunikasi pemasaran dalam memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali Sugriwa. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Budparpora menggunakan bauran komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, public relations, dan direct marketing. Periklanan dengan menggunakan media luar ruang seperti baliho, spanduk, dan leaflet; media cetak seperti surat kabar; media elektronik seperti televisi; dan internet. Public relations dengan cara penyampaian informasi sendratari melalui famtrip. Direct marketing dengan cara penyampaian informasi sendratari melalui website. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Budparpora belum dilakukan secara keseluruhan, tentu saja proses komunikasi pemasaran sendratari belum berjalan secara efektif. ABSTRACT In order to strengthen the attractions in Kulon Progo, Budparpora Department made a colossal ballet about Subali Sugriwa Ramayana story in housed on Goa Kiskendo Hall, which is the original story of Goa Kiskendo. This prompted the authors to examine the marketing communication strategy undertaken Budparpora Department in introducing the ballet Colossal Subali Sugriwa. This study aims to determine the stages of implementation ranging from planning to evaluation in the marketing communication activities. Social Marketing theory is used to describe the marketing communication activities, this theory gives providers a framework for designing, conducting, and evaluating the information campaign. The method used is descriptive qualitative, which focuses on marketing communications strategies in introducing Ballet Colossal Subali Sugriwa.Results from this study is the Budparpora Department using a mix of marketing communications including advertising, public relations, and direct marketing.. Advertising using outdoor media such as billboards, banners, and leaflets; print media such as newspapers; electronic media such as television; and internet. Public relations by means of ballet information delivery through famtrip. Direct marketing is a way of delivering information of ballet through the website. Marketing communication activities conducted by the Budparpora Department not been done as a whole, of course, ballet marketing communication process does not operate effectively.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:20
Last Modified: 18 Oct 2016 08:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7789

Actions (login required)

View Item View Item