STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERKENALKAN SENDRATARI KOLOSAL SUBALI-SUGRIWA DI GOA KISKENDO (Studi Dilakukan Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo)

Nurdiyanto, Hana (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERKENALKAN SENDRATARI KOLOSAL SUBALI-SUGRIWA DI GOA KISKENDO (Studi Dilakukan Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 9. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 10. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
10. ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dalam rangka penguatan objek-objek wisata di Kabupaten Kulon Progo,
Dinas Budparpora membuatkan sebuah sendratari kolosal tentang cerita
Ramayana Subali Sugriwa yang bertempat di Pendopo Goa Kiskendo, yang
merupakan cerita asli dari Goa Kiskendo. Hal ini mendorong penulis untuk
meneliti tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Budparpora
dalam memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali Sugriwa tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk Mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh
Dinas Budparpora untuk memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali Sugriwa di
Goa Kiskendo. Teori Pemasaran Sosial dipakai untuk menggambarkan aktivitas
komunikasi pemasaran, teori ini memberikan penyedia sebuah kerangka untuk
merancang, melakukan, dan mengevaluasi kampanye informasi. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang memfokuskan pada
strategi komunikasi pemasaran dalam memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali
Sugriwa. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Budparpora menggunakan bauran
komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, public relations, dan direct
marketing. Periklanan dengan menggunakan media luar ruang seperti baliho,
spanduk, dan leaflet; media cetak seperti surat kabar; media elektronik seperti
televisi; dan internet. Public relations dengan cara penyampaian informasi
sendratari melalui famtrip. Direct marketing dengan cara penyampaian informasi
sendratari melalui website. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh
Dinas Budparpora belum dilakukan secara keseluruhan, tentu saja proses
komunikasi pemasaran sendratari belum berjalan secara efektif.

ABSTRACT
In order to strengthen the attractions in Kulon Progo, Budparpora
Department made a colossal ballet about Subali Sugriwa Ramayana story in
housed on Goa Kiskendo Hall, which is the original story of Goa Kiskendo. This
prompted the authors to examine the marketing communication strategy
undertaken Budparpora Department in introducing the ballet Colossal Subali
Sugriwa. This study aims to determine the stages of implementation ranging from
planning to evaluation in the marketing communication activities. Social
Marketing theory is used to describe the marketing communication activities, this
theory gives providers a framework for designing, conducting, and evaluating the
information campaign. The method used is descriptive qualitative, which focuses
on marketing communications strategies in introducing Ballet Colossal Subali
Sugriwa.Results from this study is the Budparpora Department using a mix of
marketing communications including advertising, public relations, and direct
marketing.. Advertising using outdoor media such as billboards, banners, and
leaflets; print media such as newspapers; electronic media such as television; and
internet. Public relations by means of ballet information delivery through famtrip.
Direct marketing is a way of delivering information of ballet through the website.
Marketing communication activities conducted by the Budparpora Department not
been done as a whole, of course, ballet marketing communication process does
not operate effectively.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:20
Last Modified: 18 Oct 2016 08:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7789

Actions (login required)

View Item View Item