Shabrina, Iffah (2015) REPRESENTASI PERDAMAIAN DALAM IKLAN AXE PEACE "MAKE LOVE, NOT WAR" (Analisis Semiotik Pada Iklan Axe Peace "Make Love, Not War"). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penderitaan dan rasa tidak aman yang dirasakan manusia di dunia akibat
dari adanya perang menimbulkan perhatian dari berbagai pihak yang
menginginkan terciptanya perdamaian. Salah satunya adalah dari produk Axe.
Wujud perhatian dari Axe ditunjukkan melalui iklan dari produk baru yang
diluncurkannya yakni Axe Peace. Pada skripsi ini penulis ingin mengetahui
representasi perdamaian yang muncul dalam iklan Axe Peace "Make Love, Not
War" yang sebelumnya iklan-iklan Axe selalu mengeksploitasi tentang
sensualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai makna
simbol-simbol, motif-motif, dan representasi perdamaian yang muncul dalam
iklan Axe Peace "Make Love, Not War". Penelitian ini menggunakan metode
analisis semiotik Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah representasi
perdamaian digambarkan dari negara-negara yang dianggap sebagai negara
berpotensi mengancam perdamaian dunia, antara lain Rusia, Korea Utara,
Vietnam dan Iran yang kemudian memunculkan simbol-simbol yang digunakan
untuk merepresentasikan perdamaian antara lain pelukan sebagai tanda persatuan,
peletakan senjata sebagai tanda berhentinya penindasan, gambar hati sebagai
tanda bahwa seseorang yang memiliki perasaan dapat menghilangkan aksi tidak
berperikemanusiaan, dan kembang api sebagai tanda suka cita berakhirnya konflik
di dunia ini. Axe bekerjasama dengan organisasi Peace One Day melalui iklan
Axe Peace "Make Love, Not War" memiliki motif yakni berharap mampu
meningkatkan awareness pada masyarakat tentang International Day of Peace
yang diperingati pada 21 September setiap tahunnya untuk mengingat pentingnya
perdamaian.
Kata Kunci: Representasi, Perdamaian, Semiotika, Iklan
ABSTRACT
Suffering and insecurity which are felt by the people in this world, as a
result of the war, raises the attention of various parties who want to make peace.
One of it is from Axe product. The form of attention of Axe advertisement is shown
through the launch of its new products called Axe Peace. In this undergraduate
thesis, the author wanted to find out a representation of peace that appears in the
Axe Peace advertisement "Make Love, Not War" where previously, advertisement
for Axe always exploits on sensuality. The purpose of this study is to explain the
meaning of symbols, motives, and a representation of peace that appears in the
advertisement of Axe Peace "Make Love, Not War". This research is using
semiotic analysis method which belongs to Roland Barthes. The result from this
study is peace that is represented by the countries which are considered to have
the potential to threaten world peace; Russia, North Korea, Vietnam and Iran.
Within Axe Peace advertisement "Make Love, Not War", there are symbols used
to represent peace; a hug as a sign of unity, placing of a weapon as a sign of the
end of oppression, the heart sign which indicates that someone who has feeling
could eliminate the inhuman action, and fireworks as the sign of joy that the
conflict in this world would meet its end. Axe in cooperation with the organization
Peace One Day, through the advertisement Axe Peace "Make Love, Not War"
have a motive that expected to raise the awareness in the community about the
International Day of Peace which celebrated on September 21 every year to
considering the importance of peace.
Keywords: Representation, Peace, Semiotics, Advertisement
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 08:09 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 08:09 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |