STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LEGEND COFFEE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI YOGYAKARTA

Panjaitan, Rudolf Powell Hamonangan (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LEGEND COFFEE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Perkembanagan bisnis kuliner yang semakin meningkat membuat persaingan
bisnis antara perusahaan yang semakin kompetitif, sehingga dibutuhkan inovasi
baru untuk dapat ikut bersaing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
perencanaan, implementasi, dan evaluasi dari proses strategi komunikasi
pemasaran Legend Coffee Yogyakarta. konsep yang digunakan dalam penelitian
adalah konsep Marketing mix yaitu konsep yang digunakan untuk merencanakan
dan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang dibagi menjadi 4 kelompok
dasar yaitu produk, promosi, tempat, dan harga. Metode yang digunakan adalah
metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran tentang strategi
komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan. Teknik pengumpulan data
dengan melakukan observasi, wawacara dan studi pustaka. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Legend Coffee menggunakan 3 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan yang terdiri dari perilaku
komunikasi pemasaran, analisis situasi dan bauran pemasaran yang terdiri dari
Advertising, Direct selling, Public Relations, Sales promotion, Personal selling.
Tahap pelaksanaan menggunakan strategi komunikasi pemasaran dengan cara
melalui advertising di radio dan majalah lokal, sales promotion dengan cara
bekerjasama dengan berbagai pihak yang sedang mengadakan event, dan dengan
menggunakan direct selling yaitu dengan menggunakan sosial media antara lain
facebook, twitter, path, instagram. Legend Coffee memberikan fasilitas yang
menarik kepada konsumenya dengan menyediakan games yang cukup banyak
antara lain dingdong, x-box, nitendo wii, biliard, jumbo carom, kartu, permainan
panah, sepak bola meja,. Tahap evaluasi Legengd coffee hanya menggunkan tiga
dari lima elemen bauran promosi karena memang di Legend Coffee tidak
memiliki Public Relations dan juga Legend Coffee tidak melakukan penjualan
secara langsung kepada calon konsumen dan juga melihat hasil kinerja yang
dilakukan oleh tim marketing, Kesimpulan dari penelitian ini adalah Legend
Coffee menggunakan tiga dari lima elemen yang ada di bauran komunkasi
pemasaran yaitu advertising, Direct selling, sales promotion yang dirasa kurang
efektif untuk melakukan strategi pemasaran karena Legend Coffee tidak
mengalami peningkatan pengunjung yang cukup signifikan.
Kata kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Legend Coffee

ABSTRACT
A rapid increase in culinary business nowadays, make business competition
among entrepreneurs more competitive, so they need new innovations to be able
to compete. The purpose of this research is to know the planning, implementation,
and evaluate from Legend Coffee Yogyakartas’s marketing communication
strategy. The concept that used in this research is marketing mix concept, it is a
concept which used for planning and implementing marketing communication
strategies and it divided into four basic groups, they are product, promotion,
place, and price. Using qualitative descriptive as the method to gain and overview
of the marketing communication strategy to face the competition, and with
observation, interview, and literature for collect the data. The results showed that
the Legend Coffee uses three stages: pl anning, implementation, and evaluation.
The planning stage consisting of behavioral marketing communications, situation
analysis and marketing mix consisting of Advertising, Direct selling, public
relations, sales promotion, personal selling. The implement ation phase using
marketing communication strategies in a manner through advertising on radio
and local magazines, sales promotion by worked with various parties who hold
the event, and by using direct sell was by using social media incluted facebook,
twitter, path, instagram. Legend Coffee provide attractive facilities to costomers
to provide games that pretty much include an arcade, x -box, Nintendo Wii,
billiard, jumbo carom, cards, dart games, table football . Evaluation phase
Legend coffee just using the three of the five elements of the promotional mix
because was in the Legend Coffee does not have a Public Relations and also the
Legend Coffee does not sell directly to prospective customers and also see the
results of the performance conducted by a team of marketing, The conclusion of
this study is Legend Coffee used three of the five elements in the marketing mix,
namely personal communication advertising, direct selling, sales promotion that
was less effective to carry out a marketing.
Keywords: Strategy, Marketing Communication, Legend Coffee

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:15
Last Modified: 18 Oct 2016 04:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item