ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS SABLON KAOS MANUAL “GILIG SABLON KAOS”

Wijaya, Febrian Adiatma (2015) ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS SABLON KAOS MANUAL “GILIG SABLON KAOS”. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of Abstraksi.pdf]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Febrian Adiatma Wijaya, NIM: 152080084, Program Studi Ilmu
Administrasi Bisnis, Angkatan 2008, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul : Pengembangan Bisnis
Sablon Kaos Manual “Gilig Sablon Kaos”. Pembimbing : Dr. Meilan Sugiarto,
M.Si dan Dr. Susanta, M.Si
Dari data penduduk kabupaten Sleman tahun 2014 terdapat jumlah
penduduk yang berusia 15-44 tahun sebanyak 555.835 jiwa. Menurut survey dari
penulis bahwa 70% dari jumlah tersebut adalah pengguna kaos sablon yaitu
sebanyak 393.169jiwa, dan terus meningkat pada setiap tahunnya. Hasil pantauan
penulis, kaos tersebut baru tercukupi sebanyak 72.000 kaos pada setiap tahunnya.
Tingginya perminyaan kaos sablon tersebut menjadi potensi tersendiri bagi
pengusaha sablon kaos. Berdasarkan kenyataan berpotensinya bisnis sablon kaos
maka penulis melakukan penelitian dengan judul “ Pengembangan Bisnis Sablon
Kaos Manual “Gilig Sablon Kaos”.
Bisnis sablon kaos manual Gilig Sablon Kaos bertempat di kabupaten
Sleman tepatnya Jl. Perumnas, No.233, desa Mundu Saren, Sleman, Yogyakarta.
Produk yang dihasilkan adalah kaos sablon yang pengerjaan sablonnya dilakukan
dengan cara manual. Gilig Sablon Kaos mengembangkan produknya dengan
produk sablon kaos satuan, yang bisa dipesan oleh konsumen dengan desain
sendiri tanpa minimal order.
Selama masa implementasi dalam kegiatan pemasaran dilakukan dengan
cara membagikan brosur dan di wilayah Sleman dan Yogyakarta untuk menarik
para konsumen. Hasil penjualan produk selama implementasi Gilig Sablon Kaos
mengalami permintaan yang melebihi target penjualan. Pada awal tahun
diperkirakan mampu menjual produk kaos sablon sebanyak 450 pcs setiap
bulannya, namun pada hasil implementasi selama dua bulan (Februari-Maret
2015) bulan Februari mampu menjual sebanyak 495 kaos dan bulan Maret 2015
sebanyak 502 kaos.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:09
Last Modified: 18 Oct 2016 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item