PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PEMERINTAH DI MATA MASYARAKAT (Studi Deskriptif Peran Humas Pemerintah Kota Yogyakarta Sebagai Penghubung Masyarakat Dengan Pemerintah Kota)

DAMARA, ALFA ASADYA (2015) PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PEMERINTAH DI MATA MASYARAKAT (Studi Deskriptif Peran Humas Pemerintah Kota Yogyakarta Sebagai Penghubung Masyarakat Dengan Pemerintah Kota). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Semakin baiknya citra Pemerintah Kota Yogyakarata di mata masyarakat, khususnya trend positif dari pemberitaan yang dimuat disejumlah surat kabar harian karena telah berhasil menerapkan konsep good governance dan mendapatkan penghargaan yang diberikan kepada Walikota Yogyakarta atas prestasinya sebagai Pemerintah Daerah yang berprestasi dengan kinerja terbaik secara nasional dari hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) untuk kategori Pemerintah Kota yang diselenggarakan oleh Kemendagri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi Peran, faktor-faktor dan strategi humas Pemerintah Kota Yogyakarta dalam upaya mempertahankan citra positif pemerintah di mata masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah penelitian desktriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan kepustakaan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran humas pemerintah kota Yogyakarta dalam mempertahankan citra positif dimata masyarakat dengan penetapan kebijakan pengelolaan komunikasi dua arah yang disusun guna membina hubungan internal dan eksternal pemerintahan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja humas diantaranya faktor internal dengan SKPD dan peraturan walikota. Faktor eksternal berupa implementasi kebijakan dan program mendapatkan pengawasan langsung dari Walikota melalui Kabag Humas. Strategi Humas dalam pelaksanaan kebijakan program dengan melakukan verifikasi terhadap SKPD melalui UPIK, kerjasama dengan pers dan wartawan dalam penyebaran pesan, peraturan-peraturan baru kemudian hasil dari audit BPK dipublish melalui media, selanjutnya program dari subag promosi dan publikasi lebih kepada kegiatan propaganda dan agitasi kepada masyarakat. Kata kunci: Peran, Humas, Citra ABSTRACT Improved image of city government Yogyakarata in the eyes of society, particularly the positive trend of the news that was published in several daily newspapers because it has successfully implemented the concept of good governance and getting an award given to the Mayor of Yogyakarta for his achievements as Local Government achieving the best performance nationally from results Operation performance Evaluation of Local Government (EKPPD) to the category of city government organized by the Ministry of Internal Affairs. The purpose of this study was to determine and identify the Roles, factors and Yogyakarta government public relations strategy in an effort to maintain a positive image in the eyes of the community government. The method used in the data collection was desktriptif qualitative research. Data collection techniques in this study using interviews, observation and literature. Technique authenticity of data used in this research was triangulation of data sources. The results obtained that the role of public relations Yogyakarta city government in maintaining a positive image in the eyes of the community with the establishment of two-way communication management policies are drawn up in order to foster internal and external relations administration. Factors that influence the performance of public relations including internal factors with the SKPD and regulation. External factors such as the implementation of policies and programs to get the direct supervision of the Mayor through the Head of Public Relations. Strategy of Public Relations in the implementation of program policies by verifying against SKPD through UPIK, cooperation with the press and journalists in the dissemination of messages, new regulations then the results of the audit published through the media, the next program of Subag promotion and publicity over the propaganda activities and agitation to the public. Keywords: Role, Public Relations, Image

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:10
Last Modified: 18 Oct 2016 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7755

Actions (login required)

View Item View Item