DAMARA, ALFA ASADYA (2015) PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PEMERINTAH DI MATA MASYARAKAT (Studi Deskriptif Peran Humas Pemerintah Kota Yogyakarta Sebagai Penghubung Masyarakat Dengan Pemerintah Kota). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Semakin baiknya citra Pemerintah Kota Yogyakarata di mata masyarakat,
khususnya trend positif dari pemberitaan yang dimuat disejumlah surat kabar harian
karena telah berhasil menerapkan konsep good governance dan mendapatkan
penghargaan yang diberikan kepada Walikota Yogyakarta atas prestasinya sebagai
Pemerintah Daerah yang berprestasi dengan kinerja terbaik secara nasional dari hasil
Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) untuk kategori
Pemerintah Kota yang diselenggarakan oleh Kemendagri. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi Peran, faktor-faktor dan
strategi humas Pemerintah Kota Yogyakarta dalam upaya mempertahankan citra
positif pemerintah di mata masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam
pengambilan data adalah penelitian desktriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan kepustakaan. Teknik
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran humas pemerintah kota Yogyakarta
dalam mempertahankan citra positif dimata masyarakat dengan penetapan kebijakan
pengelolaan komunikasi dua arah yang disusun guna membina hubungan internal dan
eksternal pemerintahan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja humas diantaranya
faktor internal dengan SKPD dan peraturan walikota. Faktor eksternal berupa
implementasi kebijakan dan program mendapatkan pengawasan langsung dari
Walikota melalui Kabag Humas. Strategi Humas dalam pelaksanaan kebijakan
program dengan melakukan verifikasi terhadap SKPD melalui UPIK, kerjasama
dengan pers dan wartawan dalam penyebaran pesan, peraturan-peraturan baru
kemudian hasil dari audit BPK dipublish melalui media, selanjutnya program dari
subag promosi dan publikasi lebih kepada kegiatan propaganda dan agitasi kepada
masyarakat.
Kata kunci: Peran, Humas, Citra
ABSTRACT
Improved image of city government Yogyakarata in the eyes of society,
particularly the positive trend of the news that was published in several daily
newspapers because it has successfully implemented the concept of good governance
and getting an award given to the Mayor of Yogyakarta for his achievements as Local
Government achieving the best performance nationally from results Operation
performance Evaluation of Local Government (EKPPD) to the category of city
government organized by the Ministry of Internal Affairs. The purpose of this study
was to determine and identify the Roles, factors and Yogyakarta government public
relations strategy in an effort to maintain a positive image in the eyes of the
community government. The method used in the data collection was desktriptif
qualitative research. Data collection techniques in this study using interviews,
observation and literature. Technique authenticity of data used in this research was
triangulation of data sources. The results obtained that the role of public relations
Yogyakarta city government in maintaining a positive image in the eyes of the
community with the establishment of two-way communication management policies
are drawn up in order to foster internal and external relations administration.
Factors that influence the performance of public relations including internal factors
with the SKPD and regulation. External factors such as the implementation of
policies and programs to get the direct supervision of the Mayor through the Head of
Public Relations. Strategy of Public Relations in the implementation of program
policies by verifying against SKPD through UPIK, cooperation with the press and
journalists in the dissemination of messages, new regulations then the results of the
audit published through the media, the next program of Subag promotion and
publicity over the propaganda activities and agitation to the public.
Keywords: Role, Public Relations, Image
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 03:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 03:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |