DAMARA, ALFA ASADYA (2015) PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PEMERINTAH DI MATA MASYARAKAT (Studi Deskriptif Peran Humas Pemerintah Kota Yogyakarta Sebagai Penghubung Masyarakat Dengan Pemerintah Kota). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| Preview | Text ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview | 
Abstract
ABSTRAK
Semakin  baiknya  citra  Pemerintah  Kota  Yogyakarata  di  mata  masyarakat, 
khususnya  trend  positif dari pemberitaan yang dimuat disejumlah surat kabar harian 
karena  telah  berhasil  menerapkan  konsep  good  governance  dan  mendapatkan 
penghargaan  yang  diberikan  kepada  Walikota  Yogyakarta  atas  prestasinya  sebagai 
Pemerintah Daerah yang berprestasi dengan kinerja terbaik secara nasional dari hasil 
Evaluasi  Kinerja  Penyelenggaraan  Pemerintah  Daerah  (EKPPD)  untuk  kategori 
Pemerintah  Kota  yang  diselenggarakan  oleh  Kemendagri.  Adapun  tujuan  dari 
penelitian ini adalah untuk  mengetahui dan mengidentifikasi Peran,  faktor-faktor  dan 
strategi  humas  Pemerintah  Kota  Yogyakarta  dalam  upaya  mempertahankan  citra 
positif  pemerintah  di  mata  masyarakat.  Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam 
pengambilan  data  adalah  penelitian  desktriptif  kualitatif.  Teknik  Pengumpulan  data 
dalam  penelitian  ini  menggunakan  wawancara,  observasi  dan  kepustakaan.  Teknik 
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data. 
Hasil  penelitian  yang  diperoleh  bahwa  peran  humas  pemerintah  kota  Yogyakarta 
dalam mempertahankan citra positif dimata masyarakat dengan penetapan kebijakan 
pengelolaan komunikasi dua arah yang disusun guna membina hubungan internal dan 
eksternal pemerintahan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja humas diantaranya 
faktor  internal  dengan  SKPD  dan  peraturan  walikota.  Faktor  eksternal  berupa 
implementasi  kebijakan  dan  program  mendapatkan  pengawasan  langsung  dari 
Walikota  melalui  Kabag  Humas.  Strategi  Humas  dalam  pelaksanaan  kebijakan 
program  dengan  melakukan  verifikasi  terhadap  SKPD  melalui  UPIK,  kerjasama 
dengan  pers  dan  wartawan  dalam  penyebaran  pesan,  peraturan-peraturan  baru 
kemudian  hasil  dari  audit  BPK  dipublish  melalui  media,  selanjutnya  program  dari 
subag  promosi  dan  publikasi  lebih  kepada  kegiatan  propaganda  dan  agitasi  kepada 
masyarakat.
Kata kunci: Peran, Humas, Citra
ABSTRACT
Improved  image  of  city  government  Yogyakarata  in  the  eyes  of  society, 
particularly  the  positive  trend  of  the  news  that  was  published  in  several  daily 
newspapers because it has successfully implemented the concept of good governance 
and getting an award given to the Mayor of Yogyakarta for his achievements as Local 
Government  achieving  the  best  performance  nationally  from  results  Operation 
performance  Evaluation  of  Local  Government  (EKPPD)  to  the  category  of  city 
government organized by the Ministry of Internal Affairs. The purpose of this study 
was to determine and identify the Roles, factors and Yogyakarta government public 
relations  strategy  in  an  effort  to  maintain  a  positive  image  in  the  eyes  of  the 
community  government.  The  method  used  in  the  data  collection  was  desktriptif 
qualitative  research.  Data  collection  techniques  in  this  study  using  interviews, 
observation and literature. Technique authenticity of data used in this research was 
triangulation of data sources. The results obtained that the role of public relations 
Yogyakarta  city  government  in  maintaining  a  positive  image  in  the  eyes  of  the 
community  with  the  establishment  of  two-way  communication  management  policies 
are  drawn  up  in  order  to  foster  internal  and  external  relations  administration. 
Factors that influence the performance of public relations including internal factors 
with  the  SKPD  and  regulation.  External  factors  such  as  the  implementation  of 
policies and programs to get the direct supervision of the Mayor through the Head of 
Public  Relations.  Strategy  of  Public  Relations  in  the  implementation  of  program 
policies  by  verifying  against  SKPD  through  UPIK,  cooperation  with  the  press  and 
journalists in the dissemination of messages, new regulations then the results of the 
audit  published  through  the  media,  the  next  program  of  Subag  promotion  and 
publicity over the propaganda activities and agitation to the public.
Keywords: Role, Public Relations, Image
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjek: | J Political Science > JS Local government Municipal government | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Ratna Sufiatin | 
| Date Deposited: | 18 Oct 2016 03:10 | 
| Last Modified: | 18 Oct 2016 03:10 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7755 | 
Actions (login required)
|  | View Item |