STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ON LINE MELALUI INSTAGRAM PRODUK LOKAL AFFAIRS YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN

Anjawi, Novia Dwi (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ON LINE MELALUI INSTAGRAM PRODUK LOKAL AFFAIRS YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AFFAIRSmerupakan salah satu produk fesyen lokal Yogyakarta yang memiliki keunikan tersendiri dari segiproduk dan material yang digunakan. AFFAIRSyang dimulai sejak tahun 2009. Pangsa pasar luar negeripun menjadi sasaran bagi AFFAIRSuntuk mengenalkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi pemasaran online melalui instagram, serta aktivitas yang dilakukan oleh AFFAIRSpada media sosial instagram. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori komunikasi pemasaran onlineterpadu yang digunakan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan AFFAIRS. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, serta dokumen internal dan eksternal perusahaan. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh strategi komunikasi pemasaran dengan melakukan adanya price, product, promotion, dan place. Serta adanya aktivitas dari strategikomunikasi pemasaran ditujukan dengan advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct selling. Semua kegiatan tersebut diunggah ke dalam media sosial instagramyang memiliki tujuan untuk menarik minat konsumen. Peran Social Media Planner AFFAIRSsangat diperlukan untuk membuat strategi komunikasi pemasaran. Serta mengunggah visual konten menarik sebagai aktivitas dari Social Media Planner untuk menarik minat konsumen pada instagram. Bertambahnya pengikut pada media sosial instagrammenandakan bahwa bentuk strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh social media plannermenarik bagi konsumennya. ABSTRACT AFFAIRS is one of Yogyakarta’s local fashion product which have certain uniqueness from its product itself and its material since its begin started on 2009. Thus, the global market is now their target for product expansion. The purpose for this research is to review how online marketing communication strategy through Instagram works, and the activity that AFFAIRS have been done with social media. The methods on this research are using qualitative method with integrated online marketing communication theory approach which is used to describe marketing communication strategy that AFFAIRS do. Gathering data through interviews, observation, and reviewing the company’s internal and external documents. From the result of this research, can be obtained a markting communication strategy by doing price, product, promotion, and place, and so there are activities from marketing communication strategy shown with advertising, sales promotion, public relations, personal selling, and direct selling. All those activities are uploaded to social media Instagram to attract customers as its purpose. The role for the AFFAIRS’ Social Media Planner is highly needed to marketing communication strategy. Also uploading interesting visual content as Social Media Planner activity to draw interest from the customer on InstagramThe increase of its Instagram followers is a clear sign that the Social Media Planner’s marketing communication strategy form is distinctively attractive to its customers.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:31
Last Modified: 17 Oct 2016 07:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7740

Actions (login required)

View Item View Item