KEHIDUPAN SOSIAL PEMAIN GAME ONLINE (Studi Mengenai Komunikasi Interpersonal Gamers Di Sekitar Perumnas Depok Yogyakarta)

PUTRA, AJI PERMANA (2015) KEHIDUPAN SOSIAL PEMAIN GAME ONLINE (Studi Mengenai Komunikasi Interpersonal Gamers Di Sekitar Perumnas Depok Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kehidupan keseharian pemain game online mempunyai komunikasi interpersonal yang terdapat di dalamnya terdapat interaksi simbolik yang menggunakan bahasa dan simbol bagi para pemainnya. Komunikasi interpersonal yang terjalin lebih cenderung terhadap sesama pemain game online, karena di sana mereka menemukan tempat yang nyaman yang bisa dianggap sebagai kehidupan mereka dibandingkan dengan kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal pemain game online, komunikasi pemain game online dengan masyarakat sekitar, dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab seseorang cenderung bermain game online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik dan teori CMC. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan pada narasumber yang telah ditentukan sebelumnya. Dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat hasil bahwa pemain game online memiliki interaksi simbolik bahasa dan simbol yang terdapat dalam permainan game online. Hasil dari penelitian ini adalah pemain game online mempunyai komunikasi interpersonal yang cenderung lebih banyak terhadap sesama pemain game online dan kurangnya komunikasi interpersonal dengan masyrakat sekitarnya. Tujuan dan faktor-faktor bermain game online pun bermacam-macam. Dampak yang ditimbulkan bermain game online cenderung merugikan pemainnya. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pemain game online dalam kesehariannya cenderung lebih berkomunikasi dengan pemain game online dibanding dengan masyarakat sekitar. Kata kunci: gamers, game online, interpersonal, simbol ABSTRACT Daily life online game players have interpersonal communication contained therein are symbolic interaction that uses the language and symbols for players. Interpersonal communication that exists more inclined towards each other online game players, because there they find a comfortable place that could be considered as their life compared to real life. The aim of this study was to determine the interpersonal communication online game players, game players online communication with surrounding communities, and to determine the factors that cause a person likely to play online games. This research is qualitative descriptive. The theory used in this research is symbolic interaction theory and the theory of CMC. Data collection techniques used in this study were interviews and observation. Interviews were conducted on a resource that has been predetermined. From the research that has been done, there is a result that online game players have a symbolic interaction of language and symbols contained in the online game play. Results from this study are online game players have the interpersonal communication that tends more towards fellow players of online games and the lack of interpersonal communication with the surrounding society. Objectives and factors play online games also vary. The impact of playing online games tend to harm players. Results from this study conclusion is that online game players in their daily life are more likely to communicate with online game players compared with the surrounding community. Keywords: gamers, online games, interpersonal, symbol

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:15
Last Modified: 17 Oct 2016 07:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7738

Actions (login required)

View Item View Item