STRATEGI PROGRAM “SEM-PAG” RADIO JIZ FM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI SIARAN RADIO

AGUSTA, YOGA HARGO (2015) STRATEGI PROGRAM “SEM-PAG” RADIO JIZ FM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI SIARAN RADIO. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Banyaknya jumlah radio di Yogyakarta membuat persaingan di industri radio semakin ketat, oleh karena itu radio diharapkan mempunyai program acara yang menarik agar dapat bertahan dalam industri persaingan radio di yogyakarta, setiap stasiun radio memiliki segmentasi, format, dan konsep radio sendiri untuk menghadapi persaingan industri siaran.Radio JIZ FM salah satu radio yang bersegmentasi anak muda, radio JIZ FM memiliki progarm acara pagi yaitu Semangat Pagi (SEMPAG) dan menjadi salah satu program unggulan radio JIZ FM dimana program acara ini selalu menyiarkan musik – musik yang sedang hit’s serta menyiarkan informasi ringan seputar yogyakarta. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi program radio JIZ FM dalam menghadpi persaingan industri siaran. Jenis penelitian ini kualitatif dan menggunakan metode deskriptif, sehingga penelitian ini hanya mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai yang terjadi dilapangan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan strategi program radio JIZ FM program acara “SEMPAG” yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam hal ini sumber daya manusia yang berpartispasi seperti program director, music director, dan penyiar dalam penentuan strategi program. Mereka melakukan formula S-T-P-F-P (Segmentasi, targeting, positioning, formatting, programming) untuk merealisasikan segala identitas JIZ FM melalui format stasiun dan program. Melihat dari hasil penelitian ini program director, music director, dan penyiar harus tetep berusaha kreatif dan inovatif untuk menyelenggaran program acara agar tetap berciri khas sesuai dengan konsep awal radio sebagai radio anak muda dan semakin mendapat tempat dibenak pendengar. Kata kunci : Strategi program radio, radio JIZ FM, persaingan industri radio ABSTRACT A large number of radio stations in Yogyakarta tighten the competition in radio industry. Therefore, a radio station is expected to have interesting programs so that it can survive the tight competition. Each of the radio stations have their own segmentation, format and concept in order to deal with the broadcasting competition. JIZ FM radio is one of the radio stations which focus its segmentation on adolescents. The radio has a morning programme, namely, Semangat Pagi. It becomes the prime programme which broadcasts hits songs and information about Yogyakarta. This research aims to reveal the strategy used by JIZ FM radio to deal with the broadcasting competition. This is a descriptive qualitative research study that gives thick description within the topic. The result shows some strategies employed by JIZ FM radio in Semangat Pagi programme. They are planning, actuating and evaluating, in this case, the persons participating such as programme director, music director and the announcer in determining the strategies. JIZ FM use S-T-P-F-P (Segmenting, targeting, positioning, formatting, programming) to carry out the programme. According to this research study, the programme director, the music director, and the announcer should always be creative and innovative to carry out a programme so that the programme reflects JIZ FM’s distinct characteristics. Key words: Radio strategy programme, JIZ FM radio, radio industry competition

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 14 Oct 2016 06:30
Last Modified: 14 Oct 2016 06:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7691

Actions (login required)

View Item View Item