AGUSTA, YOGA HARGO (2015) STRATEGI PROGRAM “SEM-PAG” RADIO JIZ FM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI SIARAN RADIO. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Banyaknya jumlah radio di Yogyakarta membuat persaingan di industri radio
semakin ketat, oleh karena itu radio diharapkan mempunyai program acara yang
menarik agar dapat bertahan dalam industri persaingan radio di yogyakarta, setiap
stasiun radio memiliki segmentasi, format, dan konsep radio sendiri untuk
menghadapi persaingan industri siaran.Radio JIZ FM salah satu radio yang
bersegmentasi anak muda, radio JIZ FM memiliki progarm acara pagi yaitu
Semangat Pagi (SEMPAG) dan menjadi salah satu program unggulan radio JIZ FM
dimana program acara ini selalu menyiarkan musik – musik yang sedang hit’s serta
menyiarkan informasi ringan seputar yogyakarta. Tujuan penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui strategi program radio JIZ FM dalam menghadpi persaingan
industri siaran. Jenis penelitian ini kualitatif dan menggunakan metode deskriptif,
sehingga penelitian ini hanya mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai
yang terjadi dilapangan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan strategi program
radio JIZ FM program acara “SEMPAG” yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi dalam hal ini sumber daya manusia yang berpartispasi seperti program
director, music director, dan penyiar dalam penentuan strategi program. Mereka
melakukan formula S-T-P-F-P (Segmentasi, targeting, positioning, formatting,
programming) untuk merealisasikan segala identitas JIZ FM melalui format stasiun
dan program. Melihat dari hasil penelitian ini program director, music director, dan
penyiar harus tetep berusaha kreatif dan inovatif untuk menyelenggaran program
acara agar tetap berciri khas sesuai dengan konsep awal radio sebagai radio anak
muda dan semakin mendapat tempat dibenak pendengar.
Kata kunci : Strategi program radio, radio JIZ FM, persaingan industri radio
ABSTRACT
A large number of radio stations in Yogyakarta tighten the competition in radio
industry. Therefore, a radio station is expected to have interesting programs so that it
can survive the tight competition. Each of the radio stations have their own
segmentation, format and concept in order to deal with the broadcasting competition.
JIZ FM radio is one of the radio stations which focus its segmentation on
adolescents. The radio has a morning programme, namely, Semangat Pagi. It
becomes the prime programme which broadcasts hits songs and information about
Yogyakarta. This research aims to reveal the strategy used by JIZ FM radio to deal
with the broadcasting competition. This is a descriptive qualitative research study
that gives thick description within the topic. The result shows some strategies
employed by JIZ FM radio in Semangat Pagi programme. They are planning,
actuating and evaluating, in this case, the persons participating such as programme
director, music director and the announcer in determining the strategies. JIZ FM use
S-T-P-F-P (Segmenting, targeting, positioning, formatting, programming) to carry
out the programme. According to this research study, the programme director, the
music director, and the announcer should always be creative and innovative to carry
out a programme so that the programme reflects JIZ FM’s distinct characteristics.
Key words: Radio strategy programme, JIZ FM radio, radio industry competition
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:30 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:30 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |