STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM MERAIH JUMLAH PEMASANG IKLAN (2012-2014)

Hardwitya, Rizky (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM MERAIH JUMLAH PEMASANG IKLAN (2012-2014). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Radio MQ dalam meraih jumlah pemasang iklan (2012-2014). Apabila melakukan bauran pemasaran secara efektif, maka perusahaan dapat mencapai target market yang sesuai dengan pembeli potensial. Terdapat variabel-variabel dalam bauran pemasaran, yaitu advertising (periklanan) atau mass selling, sales promotion (promosi penjualan), sales promotion, public relations, serta personal selling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Obyek penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan radio MQ dalam meraih jumlah pemasang iklan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan penulis adalah deskriptif analitik dengan menggunakan analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Radio MQ dalam meraih jumlah pemasang iklan (2012-2014) adalah personal selling, public relations dan advertising. Bentuk personal selling yang dilakukan radio MQ FM Yogyakarta yaitu melakukan presentasi kepada pengusaha, pengiklan, maupun biro iklan, penyebaran kuesioner untuk menggali data customer kemudian menggunakan data itu untuk penawaran selanjutnya, serta membantu pengiklan untuk membuatkan iklan di radio. Strategi komunikasi public relations yang digunakan radio MQ FM Yogyakarta dalam meraih jumlah pemasang iklan yaitu: 1) Membuat pengiklan tertarik memasang iklan produknya di radio MQ FM Yogyakarta; 2) Mendorong rasa ketertarikan tersebut menjadi keinginan untuk bekerjasama; 3) Menciptakan opini publik yang positif dari masyarakat termasuk pengiklan. Radio MQ FM Yogyakarta berusaha menarik minat pemasang iklan dengan advertising. Ini dilakukan dalam bentuk spot iklan, adlip, sponsor program, barter dan program advertising 4 in 1 atau perusahaan diiklankan melalui 4 media sekaligus. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran Radio, Pemasang Iklan. ABSTRACT The purpose of this study was to describe the marketing communication strategy used by Radio MQ to reach a number of advertisers (2012-2014). If the marketing mix is effective, the company can reach target market compatible with potential buyers. There are variables in marketing mix, i.e. advertising or mass selling, sales promotion, sales promotion, public relations, and personal selling. The research type used in this study was qualitative research . The object in this study was the marketing communication strategy used by Radio MQ to reach a number of advertisers. The data collection methods in this study were observation, interview and documentation. Meanwhile, the data analysis technique used by the author was descriptive analytic using qualitative analysis. The result of this study are the marketing communication strategies used by Radio MQ to reach a number of advertisers (2012-2014) were personal selling, public relations and advertising. The personal selling performed by Radio MQ FM Yogyakarta was making presentations to entrepreneurs, advertisers, and advertising agencies, distributing questionnaires to get customers’ data and then using the data for future offers, as well as helping advertisers making advertisements in the radio. The public relation communication strategies used by radio MQ FM Yogyakarta to reach a number of advertisers were: 1) Drawing the interest of advertisers to advertise their products in Radio MQ FM Yogyakarta; 2) Changing the interest into will to work together; 3) Creating positive public opinion of the society, including the advertisers. Radio MQ FM Yogyakarta tried to draw the interest of advertisers by advertising. This was performed by making advertisement spots, adlib, sponsored programs, barters and advertising 4 in 1 program where a company is advertised in 4 media. Keywords: Radio Marketing Communication Strategy, Advertiser.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:12
Last Modified: 14 Oct 2016 03:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7669

Actions (login required)

View Item View Item