Hardwitya, Rizky (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM MERAIH JUMLAH PEMASANG IKLAN (2012-2014). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan Radio MQ dalam meraih jumlah pemasang iklan
(2012-2014). Apabila melakukan bauran pemasaran secara efektif, maka
perusahaan dapat mencapai target market yang sesuai dengan pembeli potensial.
Terdapat variabel-variabel dalam bauran pemasaran, yaitu advertising
(periklanan) atau mass selling, sales promotion (promosi penjualan), sales
promotion, public relations, serta personal selling. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Obyek penelitian ini
adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan radio MQ dalam meraih
jumlah pemasang iklan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa
data yang digunakan penulis adalah deskriptif analitik dengan menggunakan
analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan Radio MQ dalam meraih jumlah pemasang iklan (2012-2014)
adalah personal selling, public relations dan advertising. Bentuk personal selling
yang dilakukan radio MQ FM Yogyakarta yaitu melakukan presentasi kepada
pengusaha, pengiklan, maupun biro iklan, penyebaran kuesioner untuk menggali
data customer kemudian menggunakan data itu untuk penawaran selanjutnya,
serta membantu pengiklan untuk membuatkan iklan di radio. Strategi komunikasi
public relations yang digunakan radio MQ FM Yogyakarta dalam meraih jumlah
pemasang iklan yaitu: 1) Membuat pengiklan tertarik memasang iklan produknya
di radio MQ FM Yogyakarta; 2) Mendorong rasa ketertarikan tersebut menjadi
keinginan untuk bekerjasama; 3) Menciptakan opini publik yang positif dari
masyarakat termasuk pengiklan. Radio MQ FM Yogyakarta berusaha menarik
minat pemasang iklan dengan advertising. Ini dilakukan dalam bentuk spot iklan,
adlip, sponsor program, barter dan program advertising 4 in 1 atau perusahaan
diiklankan melalui 4 media sekaligus.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran Radio, Pemasang Iklan.
ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the marketing communication
strategy used by Radio MQ to reach a number of advertisers (2012-2014). If the
marketing mix is effective, the company can reach target market compatible with
potential buyers. There are variables in marketing mix, i.e. advertising or mass
selling, sales promotion, sales promotion, public relations, and personal selling.
The research type used in this study was qualitative research . The object in this
study was the marketing communication strategy used by Radio MQ to reach a
number of advertisers. The data collection methods in this study were observation,
interview and documentation. Meanwhile, the data analysis technique used by the
author was descriptive analytic using qualitative analysis. The result of this study
are the marketing communication strategies used by Radio MQ to reach a number
of advertisers (2012-2014) were personal selling, public relations and advertising.
The personal selling performed by Radio MQ FM Yogyakarta was making
presentations to entrepreneurs, advertisers, and advertising agencies, distributing
questionnaires to get customers’ data and then using the data for future offers, as
well as helping advertisers making advertisements in the radio. The public relation
communication strategies used by radio MQ FM Yogyakarta to reach a number of
advertisers were: 1) Drawing the interest of advertisers to advertise their products
in Radio MQ FM Yogyakarta; 2) Changing the interest into will to work together;
3) Creating positive public opinion of the society, including the advertisers. Radio
MQ FM Yogyakarta tried to draw the interest of advertisers by advertising. This
was performed by making advertisement spots, adlib, sponsored programs, barters
and advertising 4 in 1 program where a company is advertised in 4 media.
Keywords: Radio Marketing Communication Strategy, Advertiser.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:12 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:12 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |