PERSEPSI PEKERJA LAPANGAN PT PLN (PERSERO) KEBUMEN TERHADAP DAYA TARIK ENDORSER IKLAN KUKU BIMA VERSI ATLET NASIONAL

WICAKSONO, KURNIA FAJAR DWI (2015) PERSEPSI PEKERJA LAPANGAN PT PLN (PERSERO) KEBUMEN TERHADAP DAYA TARIK ENDORSER IKLAN KUKU BIMA VERSI ATLET NASIONAL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Iklan berfungsi untuk mempersuasi potential buyer atas produk yang
ditawarkan dan secara langsung dapat mempengaruhi sikap konsumen. Dalam
menampilkan iklan para pemasar dituntut untut kreatif dan inovatif agar dapat
menarik perhatian konsumen serta membawa minat dari konumen untuk membeli,
salah satunya dengan menggunakan endorser atau model iklan yang menarik
dengan menggunakan selebriti (public figure). Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui persepsi pekerja lapangan PT PLN (Persero) Kebumen
terhadap daya tarik endorser iklan kuku bima versi atlet nasional. Metode
penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, objek dalam penelitian
ini adalah pekerja lapangan PT PLN (persero) Kebumen. Teknik pengumpulan
data dengan observasi dan wawancara serta studi kepustakaan. Hasil analisis
menunjukkan daya tarik endoser dalam iklan Kuku Bima Energy versi atlet
nasional menurut pekerja lapangan PT PLN (Persero) Kebumen termasuk positif,
yang berarti bahwa endoser dalam iklan Kuku Bima Energy memiliki daya tarik
yang baik dalam membintangi iklan Kuku Bima Energy, kebutuhan akan energy
tambahan saat bekerja keras di lapangan, bisa direpresentasika n oleh para atlet
nasional tersebut. kesamaan kebutuhan akan stamina yang kuat dalam aktifitas
yang berat menjadikan daya tarik endorser semakin tinggi. Persepsi pekerja
lapangan PT PLN (Persero) Kebumen terhadap daya tarik endorser iklan Kuku
Bima versi atlet nasional adalah positif, artinya mereka setuju dengan pemilihan
para atlet dalam iklan Kuku Bima karena para atlet ini dianggap memiliki
kejujuran, niat baik dan citra yang positif sehingga Iklan ini mampu mendapatkan
persepsi yang baik di kalangan pekerja lapangan PT PLN (Persero) Kebumen.
Kata kunci : Persepsi, Data tarik endoser

ABSTRACT
An advertisement has a function to persuade potential buyer on offered
products and directly can influence customers’ attitude. In displaying an
advertisement, marketers are demanded to be creative and innovative to attract
costumers’ attention and bring their interest to buy. One of them is by hiring an
attractive endorser or and ads model such as a public figure. The objective of this
research is to know the perception of PT PLN (Persero) Kebumen field employees
towards endorser’s attractiveness of Kuku Bima Energy advertisement in national
athlete version. The research method uses qualitative descriptive method, the
object of this research are field employees of PT PLN (Persero) Kebumen. The
data collection technique uses observation and interview and literary study. The
analysis result indicates that according to field employees of PT PLN (Persero)
Kebumen endorser’s attractiveness on Kuku Bima Energy advertisement in
national athlete version is positive. It means that the advertisement endorser has
good attractiveness in staring Kuku Bima Energy advertisement. The need of
additional energy during field work can be represented by the national athlete. The
need similarity on strong stamina in heavy activity creates higher endorser’s
attractiveness. The perception of field employees of PT PLN (Persero) Kebumen
towards the advertisement is positive. It means that they agree with athlete choice
in Kuku Bima Energy advertisement because they are considered to have honesty,
good intention and positive image so that this advertisement is able to get good
perception in field employee groups of PT PLN (Persero) Kebumen.
Keywords: Perception, endorser’s attractiveness.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 14 Oct 2016 02:40
Last Modified: 14 Oct 2016 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item