ANALISIS PROGRAM “PERTAMINA SOBAT BUMI” PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION IV DALAM MEMPERTAHANKAN CORPORATE IMAGE (Studi Deskriptif pada Program Kompetisi dan Pembinaan Pengelolaan Sampah Mandiri Corporate Social Responsibility Terminal Bahan Bakar Minyak Rewulu Yogyakarta)

PRIHATININGSIH, OCTAVIA CAHYA (2014) ANALISIS PROGRAM “PERTAMINA SOBAT BUMI” PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION IV DALAM MEMPERTAHANKAN CORPORATE IMAGE (Studi Deskriptif pada Program Kompetisi dan Pembinaan Pengelolaan Sampah Mandiri Corporate Social Responsibility Terminal Bahan Bakar Minyak Rewulu Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Corporate Social Responsibility adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial, dan lingkungan. Hal tersebut yang mendasari PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV melalui Terminal Bahan Bakar Minyak Rewulu melaksanakan program Corporate Social Responsibility kompetisi dan pembinaan pengelolaan sampah mandiri dengan latar belakang berdasarkan hasil pemetaan social mapping pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa sampah menjadi salah satu masalah yang melingkupi warga di area Corporate Social Responsibility Terminal Bahan Bakar Minyak Rewulu. Beberapa sudut dusun seperti pinggir sungai menjadi tempat pembuangan sampah ilegal yang tidak sedap dipandang serta tentunya tidak menyehatkan. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana program Corporate Social Responsibility PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV mengubah budaya masyarakat serta meningkatkan citra perusahaan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Corporate Social Responsibility PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV dalam mengubah budaya masyarakat serta meningkatkan citra perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Stakeholders dan Teori Legitimasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, dan fenomena realitas sosial di masyarakat yang menjadi objek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah banyaknya masyarakat yang menjadi anggota bank sampah. Bank sampah adalah produk utama yang dihasilkan dari program Corporate Social Responsibility kompetisi dan pembinaan pengelolaan sampah mandiri. Budaya masyarakat berubah, kini mengetahui dan melaksanakan kegiatan pengelolaan sampah. Budaya masyarakat dalam membuang sampah sembarangan dan membakar sampah berangsur-angsur mulai ditinggalkan. Ibu rumah tangga sebagai pengelola bank sampah kini memiliki kegiatan dalam meningkatkan kreativitas dan nilai ekonomi. ABSTRACT Corporate social responsibility is the commitment of the company or business to contribute to sustainable economic development with attention to corporate social responsibility and focus on the balance between attention to aspects of economic, social, and environmental. It is the underlying PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV through Fuel Station of Rewulu implement corporate social responsibility and fostering competition with independent waste management based on the social background mapping in 2012 which showed that the waste into one of the issues that surround people in the area corporate social responsibility in Fuel Station of Rewulu. Some corner of the village such as the edge of the river into illegal landfills unsightly and certainly not healthy. Issues raised is how the corporate social responsibility program of PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV changed the culture of the community and to improve the corporate image?. Purpose of this study was to determine the outcome of corporate social responsibility of PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV in changing the culture of the community and enhance the corporate image. Theory used in this study is stakeholder theory and legitimacy theory. This research uses descriptive qualitative research method, the method of research to describe, summarize a wide range of conditions, and the phenomenon of social reality in the society which is the object of research. The conclusion of thi research is that many of the community has became member of the waste bank. Waste bank is the main product of competition and independent waste coaching Corporate Social Responsibility program. Society culture have changed, now they already know and appliying waste management action. Society culture in littering and burning the waste gradually reduced. Housewife as a manager of waste bank now have an activity that can raise their creativity and economic value.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:59
Last Modified: 13 Oct 2016 07:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7647

Actions (login required)

View Item View Item