PENGARUH TERPAAN PESAN CITY BRANDING KABUPATEN KULONPROGO TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI WILAYAH KULONPROGO

PAMUNGKAS, YUDHA TRI (2015) PENGARUH TERPAAN PESAN CITY BRANDING KABUPATEN KULONPROGO TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI WILAYAH KULONPROGO. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Bulan April 2011, Kabupaten Kulonprogo meluncurkan sebuah city
branding untuk daerahnya, yaitu “The Jewel of Java” yang diluncurkan secara
resmi di Jakarta. Melalui city branding kota/daerah sebagai upaya pengenalan
awareness kepada masyarakat lebih luas baik di dalam maupun di luar negeri.
Kabupaten Kulonprogo berusaha mencitrakan diri sebagai daerah yang memiliki
multi potensi pariwisata yang didukung oleh sumber daya manusia yang
diharapkan mampu menarik para wisatawan maupun investor. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan pesan city branding
Kabupaten Kulonprogo terhadap minat berkunjung wisatawan di wilayah
Kulonprogo. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Teori PemrosesanInformasi McGuire dan Teori Kemungkinan Elaborasi. Penelitian ini merupakan
penelitian survai dengan lokasi penelitian di 5 obyek wisata yaitu Pantai Glagah,
Waduk Sermo, Goa Kiskendo, Puncak Suroloyo dan Wisata Alam Kalibiru.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung dari 5 obyek wisata dengan
kriteria berusia 17 tahun keatas dan pernah melihat atau mengetahui city branding
Kabupaten Kulonprogo, teknik pengambilan sampel yaitu Accidental Sampling
yang berjumlah 100 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier sederhana.
Hipotesis dalam penelitian ini ada pengaruh positif dan signifikan antara terpaan
pesan city branding Kabupaten Kulonprogo terhadap minat berkunjung wisatawan
di wilayah Kulonprogo. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi 0,725.
Angka ini menunjukkan dalam kategori kuat. Artinya pengaruh antara terpaan
pesan city branding Kabupaten Kulonprogo (X) dengan minat berkunjung
wisatawan (Y) menunjukkan bahwa ketika frekuensi dan intensitas melihat city
branding Kabupaten Kulonprogo meningkat maka akan semakin diikuti dengan
tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kulonprogo. Analisis
regresi linier sederhana menunjukkan hasil sebesar 52,1%, artinya bahwa minat
berkunjung wisatawan dapat dijelaskan oleh terpaan pesan city branding
Kabupaten Kulonprogo.

ABSTRACT
In April 2011, Kulonprogo Regency launched city branding for their
regency, which is “The Jewel of Java” launched officially in Jakarta. Through city
branding, it is as an awareness introductory attempt to broader society nationally
or internationally. Kulonprogo Regency attempts to build image themselves as an
area that has multi-tourism potential supported with human resource that is
expected to draw tourists or investors. The objective of this research is to know
how much city branding message influence of Kulonprogo towards visit interest
of tourists in Kulonprogo Area. The theory utilized in this research is McGuire’s
information processing theory and elaboration possibility theory. This research is
survey research with observation locations in 5 tourism places such as Glagah
Beach, Sermo reservoir Kiskendo Cave, Suroloyo Mount, and Kalibiru Natural
Tourism. The population in this research are visitors of those 5 tourism places
with the age criteria of 17 years old or above and have seen or known Kulonprogo
Regency city branding. The sample collection technique is Accidental Sampling
which numbers is 100 people. The data analysis technique in this research utilizes
correlation analysis of product moment and simple linear regression. Hypothesis
in this research is that there is positive and significant effect between exposure
messages of city branding Kulonprogo Regency towards tourists’ visit interest in
Kulonprogo area. The research result obtains the correlation coefficient value of
0.725. This number indicates strong category, which means that the influence
between exposure message of city branding Kulonprogo Regency (X) and
tourists’ visit interest (Y) indicates that the more increasing the frequency and
intensity to see city branding of Kulonprogo Regency, the higher tourists’ interest
to visit Kulonprogo Regency is. The simple linear regression analysis indicates
result of 52.1%, which means that tourists’ visit interest can be explained by
exposure messages of city branding Kulonprogo Regency.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:55
Last Modified: 13 Oct 2016 07:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item