Rosyida S., Umi (2015) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN KLENGER SAMBEL DALAM MENARIK KONSUMEN UNTUK MEMBELI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan teknologi menyebabkan juga munculnya perkembangan fungsi media sosial online, salah satunya adalah Instagram. Saat ini, Instagram tidak hanya dimanfaatkan untuk kegunaan personal, tetapi juga mulai dimanfaatkan sebagai media komunikasi untuk memasarkan suatu produk. Dalam penelitian ini Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para produsen produk melalui media online Instagram menjadi sangat penting. Penulis memilih produk Klenger Sambel sebagai objek yang diteliti karena produk Klenger Sambel merupakan salah satu produk sambel yang dipasarkan secara online yang paling diminati. Sehingga, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran Klenger Sambel dalam menarik konsumen untuk membeli produk Klenger Sambel melalui media online Instagram. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai konsep Komunikasi Pemasaran dan dihubungkan dengan Konsep Komunikasi Media Baru dan Konsep mengenai Media Online untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran Klenger Sambel dalam menarik konsumen untuk membeli produk Klenger Sambel melalui media online Instagram. Semua data tersebut sebelumnya dikonfirmasikan dengan pihak-pihak yang berhubungan dalam penelitian ini melalui teknik validitas data triangulasi sumber. Berdasarkan Konsep Komunikasi Pemasaran dan Komunikasi Media Baru serta Konsep mengenai Media Online yang penulis gunakan sebagai pijakan dalam penelitian ini bahwa komunikasi pemasaran yang dalam penelitian ini melalui media sosial memiliki kekuatan tersendiri. Kekuatan media sosial yang menggunakan jaringan internet, membuat para produsen produk sangat memanfaatkan media ini untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang sedang mereka promosikan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan proses yang dinamakan Paid Promote dan endorse. Seperti yang juga dilakukan oleh produsen Klenger Sambel. Paid Promote dan Endorse biasanya sering dilakukan untuk menambah jumlah followers dan memperluas jangkauan informasi yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk yang sedang dipromosikan. Kekuatan media sosial yang bisa menjangkau seluruh lapisan tanpa batasan, membuat proses endorse dan paid promote cukup memberikan efek yang positif dalam tujuannya meningkatkan proses promosi suatu produk atau jasa yang sedang dipromosikan. ABSTRACT The development of technology has been affecting the development of the online social media, one of them is that of instagram. Nowadays instagram is not only used as use but also as a means of communication of advertising. In this research paper, the writer wants to find out how important instagram is to advertise a product. The writer choosed a product “Klenger Sambel”, a kind of side dish made of chilli, because it is sold by means of Instagram and the most interesting kind of product for custommers among other similar products. Therefore , the writer is intersted to know how the advertising communication is to interest consummers to buy “Klenger Sambel” through instagram. The descriptive qualitative was used in this research. The result was analysed based on the advertising communication concept and related to a new media communication concept as well as an online media to know how “klenger Sambel” advertising communication interest consummmers through instagram. All data had been confirmed with the parties connected with this research by means of the source triangulation data validity technique . Based on the advertising communication concept, the new media communication and the online media concept, the communication advertising had a special streghth. The social media strength via internet, led producers to use the media to promote their products. One of them was by means of Paid Promote or Endorse like wh at “Kleneger Sambel” producers used. Either Paid Promote or Endorse is usually used to add followers and to widen the information range which can be used to promote products. The social media that can reach everyone without a limit has made the endorse process and the paid promote effective to raise a promotion of products or service being promoted.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 07:10 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7625 |
Actions (login required)
View Item |