ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN KLENGER SAMBEL DALAM MENARIK KONSUMEN UNTUK MEMBELI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Rosyida S., Umi (2015) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN KLENGER SAMBEL DALAM MENARIK KONSUMEN UNTUK MEMBELI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan teknologi menyebabkan juga munculnya perkembangan
fungsi media sosial online, salah satunya adalah Instagram. Saat ini, Instagram
tidak hanya dimanfaatkan untuk kegunaan personal, tetapi juga mulai
dimanfaatkan sebagai media komunikasi untuk memasarkan suatu produk. Dalam
penelitian ini Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para produsen produk
melalui media online Instagram menjadi sangat penting. Penulis memilih
produk Klenger Sambel sebagai objek yang diteliti karena produk Klenger
Sambel merupakan salah satu produk sambel yang dipasarkan secara online
yang paling diminati. Sehingga, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana
komunikasi pemasaran Klenger Sambel dalam menarik konsumen untuk
membeli produk Klenger Sambel melalui media online Instagram.
Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam
penelitian ini. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai konsep
Komunikasi Pemasaran dan dihubungkan dengan Konsep Komunikasi Media
Baru dan Konsep mengenai Media Online untuk mengetahui bagaimana
komunikasi pemasaran Klenger Sambel dalam menarik konsumen untuk membeli
produk Klenger Sambel melalui media online Instagram. Semua data tersebut
sebelumnya dikonfirmasikan dengan pihak-pihak yang berhubungan dalam
penelitian ini melalui teknik validitas data triangulasi sumber.
Berdasarkan Konsep Komunikasi Pemasaran dan Komunikasi Media
Baru serta Konsep mengenai Media Online yang penulis gunakan sebagai
pijakan dalam penelitian ini bahwa komunikasi pemasaran yang dalam
penelitian ini melalui media sosial memiliki kekuatan tersendiri. Kekuatan
media sosial yang menggunakan jaringan internet, membuat para produsen
produk sangat memanfaatkan media ini untuk mempromosikan produk
ataupun jasa yang sedang mereka promosikan. Salah satu caranya adalah dengan
melakukan proses yang dinamakan Paid Promote dan endorse. Seperti yang
juga dilakukan oleh produsen Klenger Sambel. Paid Promote dan Endorse
biasanya sering dilakukan untuk menambah jumlah followers dan
memperluas jangkauan informasi yang bisa dilakukan untuk mempromosikan
produk yang sedang dipromosikan. Kekuatan media sosial yang bisa menjangkau
seluruh lapisan tanpa batasan, membuat proses endorse dan paid promote
cukup memberikan efek yang positif dalam tujuannya meningkatkan proses
promosi suatu produk atau jasa yang sedang dipromosikan.

ABSTRACT
The development of technology has been affecting the development
of the online social media, one of them is that of instagram. Nowadays
instagram is not only used as use but also as a means of communication of
advertising. In this research paper, the writer wants to find out how important
instagram is to advertise a product. The writer choosed a product “Klenger
Sambel”, a kind of side dish made of chilli, because it is sold by means of
Instagram and the most interesting kind of product for custommers among other
similar products. Therefore , the writer is intersted to know how the
advertising communication is to interest consummers to buy “Klenger Sambel”
through instagram.
The descriptive qualitative was used in this research. The result was
analysed based on the advertising communication concept and related to a
new media communication concept as well as an online media to know
how “klenger Sambel” advertising communication interest consummmers
through instagram. All data had been confirmed with the parties connected
with this research by means of the source triangulation data validity
technique .
Based on the advertising communication concept, the new media
communication and the online media concept, the communication advertising had
a special streghth. The social media strength via internet, led producers to use the
media to promote their products. One of them was by means of Paid Promote
or Endorse like wh at “Kleneger Sambel” producers used. Either Paid
Promote or Endorse is usually used to add followers and to widen the
information range which can be used to promote products. The social media that
can reach everyone without a limit has made the endorse process and the
paid promote effective to raise a promotion of products or service being
promoted.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:10
Last Modified: 13 Oct 2016 07:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7625

Actions (login required)

View Item View Item