Agusta, Alva Ifan Novik (2015) PENGEMBANGAN KOMUNIKASI BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL KOMUNITAS WARUNG INFO JAGAD CLEGUK DALAM MENGENALKAN BUDAYA DAN MENARIK WISATAWAN DI BOROBUDUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRACT ing.pdf Download (47kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT
Research Development of cultural communication and local knowledge Community Warung Info
Jagad Cleguk point in introducing and attracting tourists in Borobudur. Based on this
background, the formulation of the problem that researchers take How communication
development of culture and local wisdom community Warung Info Jagad Cleguk in introducing
and attracting tourists in Borobudur. The aim of research analyzing the development of cultural
communication and local knowledge Community Warung Info Jagad Cleguk point in introducing
and attracting tourists in Borobudur. The theory used is the theory of media. The method used is
based on qualitative descriptive method. The data source of this research was obtained from
sources of primary data and secondary data. The study was conducted through observation,
interviews and literature. It is used to assist in analyzing the development of cultural
communication and local knowledge existing in the Universe Community Warung Info Jagad
Cleguk point in introducing and attracting tourists in Borobudur. Results of the study authors
found that the communications made by the Community Warung Info Jagad Cleguk in
Borobudur not run well because still level recognition. Development of cultural communication
is done by community Warung Info Jagad Cleguk using dance ballet media. dance ballet which
coincided with the celebration of events and welcoming guests. But now people can enjoy dance
ballet on Saturday night, in the future people can enjoy every day such as dance ballet
Ramayana dance in Prambanan. There was also the supporting factors are of cultural
communication adannya developments in technology and communications media so as to
facilitate the communication of culture and introduce and attract tourists. In the use of social
media (medsos) website, facebook, whatsapp, Twitter and Youtube as Community Warung Info
Jagad Cleguk in Borobudur is young people closer to social media. By using social media less
inequality constrained by technological means (internet signal) in Borobudur. So that the
Community point Universe Info Cleguk use workshop.
ABSTRAK
Penelitian Pengembangan komunikasi budaya dan kearifan lokal Komunitas Warung
Info Jagad Cleguk dalam mengenalkan dan menarik wisatawan di Borobudur. Berdasarkan
latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang peneliti ambil Bagaimana
pengembangkan komunkasi budaya dan kearifan lokal komunitas warung info jagad cleguk
dalam mengenalkan dan menarik wisatawan di Borobudur. Tujuan penelitian menganalisis
Pengembangan komunikasi budaya dan kearifan lokal Komunitas Warung Info Jagad Cleguk
dalam mengenalkan dan menarik wisatawan di Borobudur. Teori yang digunakan adalah teori
media. Metode yang digunakan berdasarkan metode kualitatif deskritif. Sumber data
penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan data skunder . Penelitian dilakukan
melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hal yang digunakan untuk membantu dalam
menganalisis pengembangan komunikasi budaya dan kearifan lokal yang ada pada
Komunitas Warung Info Jagad Cleguk dalam mengenalkan dan menarik wisatawan di
Borobudur. Hasil penelitian penulis menemukan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh
Komunitas Warung Info Jagad Cleguk di Borobudur belum berjalan dengan baik dikarenakan
masih taraf pengenalan. Pengembangan komunikasi budaya yang dilakukan oleh komunitas
warung info jagad cleguk dengan menggunakan media sendra tari. Sendra tari yang dilakukan
bertepatan dengan acara-acara hajatan dan penyambutan tamu. Namun sekarang masyarakat
dapat menikmati sendra tari pada hari sabtu malam, kedepannya masyarakat dapat menikmati
sendra tari setiap hari seperti sendra tari Ramayana yang ada di candi prambanan. Selain itu
ada juga faktor pendukung komunikasi budaya adalah adannya perkembangan teknologi dan
media komunikasi sehingga dapat mempermudah dalam komunikasi budaya dan
mengenalkan dan menarik wisatawan. Didalam menggunakan media sosial (medsos) website,
facebook, whatsapp, Twiter dan Youtube karena Komunitas Warung Info Jagad Cleguk di
Borobudur menarjetkan sasarannya adalah anak muda yang dekat dengan media sosial.
Dengan menggunakan media sosial terkendala dengan kurang meratanya sarana teknologi
(sinyal internet) di Borobudur. Sehingga Komunitas Warung Info Jagad Cleguk mengunkan
sarasehan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:56 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |