SYAH, DWI MUCH IBRAM (2015) KRITIK KORUPSI DALAM MEDIA IKLAN TELEVISI ( Analisis SemiotikaTerhadap Iklan Rokok Djarum 76 “WaniPira”, “Jujur”,”Wakil Dibuang”dan “Kontes Jin” ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK (Baim).pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian yang berjudul Kritik Sosial dalam Iklan Komersial (Analisis Semiotika pada Iklan Rokok Djarum 76 Versi Wani Pira,Jujur,Kontest Jin, dan Wakil dibuang) ini ingin meneliti simbol-simbol yang ada pada tayangan iklan rokok yang berusaha merepresentasikan realitas sosial dalam masyarakat yang terjadi dinegara kita. Tayangan iklan tersebut dipilih sebagai obyek penelitian karena dibalik dari isi iklan tersebut terdapat hal yang menarik untuk dijadikan sebagai pesan sosial atau kritik sosial bagi masyarakat ataupun pihak yang merasa tersentil dengan tayangan iklan tersebut. Teks, gambar serta tanda-tanda yang dianalisis pada penelitian ini adalah sebagai komunikasi verbal dan nonverbal yang mempunyai makna simbolik. Penelitian dilakukan dengan metode analisis struktural atau lebih dikenal dengan istilah semiotika dengan teori Roland Barthes. Semiotika dianggap tepat untuk mengetahui atau mengurai sesuatu yang ada dibalik pemakaian simbol atau tanda dari iklan. Yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah kita dapat mengetahui makna dari penguraian simbol atau tanda yang ada dalam iklan Djarum 76 versi ”Wani Pira, Jujur,Kontest Jin, dan Wakil dibuang”. Iklan rokok Djarum 76 termasuk iklan rokok tematis yang disesuaikan dengan fenomena sosial dan politik yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yaitu perilaku pungutan liar,calon pejabat yang beromong kosong, gila jabatan dan kasus-kasus korupsi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tema realitas sosial dan politik banyak dijadikan ide dalam pembuatan iklan rokok sekarang ini, meskipun isinya jauh melenceng dan tidak ada hubungannya dengan “mengiklankan” produk rokok itu sendiri. Hal itu lebih berhubungan dengan ketatnya regulasi penayangan iklan rokok yang menyebabkan kreator iklan rokok lebih kreatif dalam mengkreasi sebuah iklan sehingga menampilkan sisi yang berbeda dari iklan-iklan non rokok yang pada umumnya bertujuan memasarkan produk. Dengan demikian iklan telah mengalami pergeseran fungsi sebagai media penyampai kritik sosial. Kata Kunci: Semiotik, Barthes, Kualitatif. ABSTRAK The study, entitled Social Criticism in TV Commercial (Semiotics Analysis on Cigarette Ads Djarum 76 Version ‘Wani Pira’, Honest, Genie contest, and representative discard) wants to examine the existing symbols on cigarette advertising which are trying to represent reality in society that occurred our country. These ads were selected as research object because of its behind of the contents of the advertisements are interesting things to serve as a social message or social criticism to the community or people by the ad impressions. Text, images and signs that were analyzed in this study are as verbal and nonverbal communication that have symbolic meaning. The study was conducted by the method of structural analysis, or better known as Roland Barthes' semiotic theory. Semiotics is considered as an appropriate way to determine something behind the use of symbols or signs of advertising. Obtained from this study, we can know the meaning of Djarum 76 version of "”Wani Pira, Jujur,Kontest Jin, dan Wakil dibuang” meaning by analyzing the symbol or sign in the advertisment. Djarum 76 advertisment is one of cigarette advertisment which thematically adapted based on social and political phenomena that occur in the midst of society such as unlegal livies, the official candidate twaddle, corruption cases and ect. It is common that social and political realities theme used in the cigarette advertisment nowadays, and not showed the cigarette as the product in the advertisment. It’s related with the tight of cigarette advertising regulation that make the advertiser have to be more creative to create an advertisement which can show a different side from another advertisement which generally aimed for product merketing. Then now advertising has shifted function as a medium to conveys social criticism. Keyword: Semiotic, Barthes, Qualitative .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 04:53 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 04:53 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7609 |
Actions (login required)
View Item |