ANALISIS AKTIVITAS HUMAS SEKRETARIAT DPRD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

PRADIPTA, KANYA SEKAR (2015) ANALISIS AKTIVITAS HUMAS SEKRETARIAT DPRD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas Humas Sekretariat DPRD DIY dalam meningkatkan pelayanan publik internal maupun eksternal serta menganalisis aktivitas Humas yang berjalan sebagai upaya untuk menjalin hubungan baik dengan publik eksternal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik wawancara dan studi pustaka serta pengkajian data yang ada. Sebagai lembaga perwakilan rakyat yang berdiri di tengah-tengah masyarakat yang beraneka ragam perlu menyadari bahwa melayani publik dengan baik merupakan hal yang sangat penting untuk mencipatakan citra baik lembaga di mata publik. Aktivitas yang dijalankan oleh Humas Sekretariat DPRD DIY sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Salah satunya adalah dengan perubahan struktur organisasi Humas sehingga Humas telah mempunyai bagian masing-masing informasi internal (hubungan internal), dan bagian layanan informasi eksternal (publisitas). Dengan perubahan struktur organisasi tersebut Humas dapat dengan leluasa bergerak berkembang dalam melakukan pelayanan publik. Aktivitas Humas Sekretariat DPRD DIY dalam meningkatkan pelayanan publik dilaksanakan sebagai bentuk komitmen lembaga DPRD DIY untuk selalu mempunyai nilai tambah di mata publik. Aktivitas yang dilakukan meliputi penyelengaraan kegiatan sosial dan kemasyarakatan, media relations, menyelengarakan agenda aspirasi masyarakat, perubahan struktur organisasi, pengembangan SDM, mengelola media baru seperti website. ABSTRAC This research is aimed to find out public relation activities of DPRD (Assembly at Provincial Level) Secretariat of Yogyakarta Special Region in order to improve public service, either internally or externally and to analyze public relation activities that serves as efforts to maintain good relation with external public. This research used qualitative method with interview technic and literature study and reviewing the existing data. As Indonesian Legislative Assembly that built among various societies in diversity, it is important to realize that they have to serve public in good manner, so it will be most important thing to create good image of institution in public eye. The conducted activities by public relation of Secretariat DPRD DIY as effort to improve public service are good strategy to gain society satisfaction over given service. One of it is structure change implementation of public relation organization, so they have each sub-division to serve public; they are subdivision of protocol and guest serving, and subdivision of external information (publicity). By structure change of this public relation, they can freely take growth on conducting public service. Public relation activities of Secretariat DPRD DIY in order to improve public service served as commitment form of DPRD DIY institution to always have additional value in public eye. The conducted activities includes social activities implementation, media relation, held society aspiration event, organization structure change, Human Resource Development, organize new media as website.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:15
Last Modified: 13 Oct 2016 04:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7600

Actions (login required)

View Item View Item