Segoro, Bayu (2014) STRATEGI CSR PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DALAM MENJALIN RELASI DENGAN MASYARAKAT LOKAL (Analisis Deksriptif Strategi CSR PT Pamapersada Nusantara Distrik ABKL dalam Menjalin Relasi dengan Masyarakat Dusun Putak). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Corporate Social Resposibility (CSR) menjadi isu penting berkaitan dengan masalah dampak lingkungan, ekonomi, sosial, dan pendidikan dalam pembangunan berkelanjutan. Perusahaan menyakini bahwa dengan melakukan kegiatan CSR dapat menciptakan harmonisasi, kepercayaan, dan jalinan relasi yang kuat dengan masyarakat lokal yang ada di lingkungan perusahaan khususnya dalam penelitian ini adalah masyarakat Dusun Putak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi CSR dalam menjalin relasi dengan masyarakat Dusun Putak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kontrak Sosial dan Teori Pertukaran Sosial. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang paling utama adalah dengan melakukan wawancara dan memanfaatkan dokumen yang terkait dengan penelitian kemudian melakukan uji validitas dengan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini antara lain adalah PT. PAMA Distrik ABKL melaksanakan Corporate Social Responsibility menggunakan srategi CSR yang terangkum dalam Lima Program Terpadu CSR PT. PAMA. Dalam pelaksanaan program-program strategis tersebut, terdapat beberapa tahapan, yakni perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Kendala-kendala yang dihadapi oleh PT. PAMA adalah komunikasi tidak berjalan dengan baik dan keterbatasan tenaga. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dengan menetapkan strategi CSR PT. PAMA memiliki jalinan relasi yang kuat dengan masyarakat Dusun Putak, sehingga perusahaan dan masyarakat Dusun Putak dapat hidup secara berdampingan dengan harmonis. KATA KUNCI: STRATEGI CSR, PT. PAMA, RELASI KOMUNITAS, ANALISIS DESKRIPTIF ABSTRACT Corporate Social resposibility (CSR) is becoming an important issue related to the issue of environmental impacts, economic, social, and education in sustainable development. The Company believes that in the CSR activities can create harmony, trust, and establish a strong relationship with the local community that exists around the company, especially in this research is the Dusun Putak community. The purpose of this study was to determine the CSR strategy in establishing relations with the Dusun Putak community. The theory used in this study is the Social Contract Theory and Social Exchange Theory. This study used analysis descriptive qualitative methods. The main data collection is to conduct interviews and take advantage of documents related to research and then to test the validity with the triangulation of data sources. The results from this research is PT. PAMA ABKL District in implementing Corporate Social Responsibility using CSR strategy, summarized in five Integrated CSR program PT. PAMA. In the implementation of the strategic programs, there are several stages, which are planning, implementation, and evaluation. Constraints faced by PT. PAMA is not going well communication and power limitations. From the results of this research note that by using the CSR strategy PT. PAMA has a strong relationship with Dusun Putak community, so that company and Dusun Putak community can coexist in harmony. KEY WORD: STRATEGY CSR, PT.PAMA, COMMUNITY RELATIONS, ANALYSIS DESCRIPTIVE
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 02:27 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 02:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7569 |
Actions (login required)
View Item |