RANCANGAN TEKNIS PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP PADA PENAMBANGAN BAUKSIT DI PT. ANEKA TAMBANG KABUPATEN SANGGAU, PROVINSI KALIMANTAN BARAT

HASTOKO, RENDRO (2015) RANCANGAN TEKNIS PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP PADA PENAMBANGAN BAUKSIT DI PT. ANEKA TAMBANG KABUPATEN SANGGAU, PROVINSI KALIMANTAN BARAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of 5. RINGKASAN new new.pdf]
Preview
Text
5. RINGKASAN new new.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

PT. Aneka Tambang, Tbk adalah perusahaan pertambangan milik BUMN
yang memiliki Izin Usaha Pertambangan bijih Bauksit di Kabupaten Sanggau,
Kalimantan Barat. Salah satu lokasi yang akan dilakukan penambangan berada di
Bukit 2B. Hasil penambangan bijih Bauksit tersebut kemudian diangkut ke lokasi
unit pencucian (washing plant) bijih Bauksit yang berada di Bukit 6.
Sebagai penunjang kegiatan penggalian bijih Bauksit di Bukit 2B
memerlukan rancangan pengupasan tanah penutup Bukit 2B agar penggalian bijih
Bauksit dapat berjalan dengan lancar tercapai sasaran produksi unit pencucian
bijih Bauksit. Jumlah cadangan Bauksit di Bukit 2B sebesar 176.000 ton yang
tertutup oleh tanah penutup sebesar 110.000 bcm dengan densitas tanah penutup
sebesar 1,6 ton/ m³ dan densitas bijih Bauksit sebesar 1,7 ton/m³. Sistem back
filling tersebut digunakan atas dasar area penambangan termasuk perbukitan yang
memiliki kemiringan relatif landai ± 8
o
dan lapisan tanah penutup dan Bauksit
yang relatif dangkal, tidak terlalu tebal dan tidak berlapis-lapis.
Sebagai penunjang kegiatan pengupasan lapisan tanah penutup dan
penggalian bijih Bauksit diperlukan rancangan jalan angkut untuk akses
pemindahan bahan galian. Rancangan jalan angkut disesuaikan dengan spesifikasi
alat angkut yang terbesar yang digunakan yaitu Dump Truck Nissan Diesel CWM
330yang berkapasitas angkut 20 ton. Rancangan geometri jalan angkut yaitu
lebar jalan angkut lurus adalah 9 m, lebar jalan pada tikungan adalah 14 m,
kemiringan melintang jalan angkut sebesar 40 mm/m dengan beda tinggi yang
dibuat adalah 18 cm. Nilai superelevasi jalan pada tikungan adalah 0,02 m/m
dengan beda tinggi antara bagian dalam dengan bagian luar tikungan adalah 28
cm, jari-jari tikungan sebesar 51 m dengan derajat lengkung sebesar 28°, dan
kemiringan jalan angkut 10 % atau lebih kecil dari 19%.
Dari hasil penelitian dan perhitungan maka didapatkan produksi alat yaitu
Excavator Hitachi Zaxis 210 sebesar 795,2 bcm/hari. Excavator Hitachi Zaxis 330
sebesar 2.089,3 bcm/hari. Wheel Loader Liu Gong 856 sebesar 864 bcm/hari.
Dump Truck Nissan CWM 330 sebesar 406,72 bcm/hari.
Pemilihan sistem pengupasan dan penggalian bahan galian serta rancangan
jalan dan ketersediaan alat mekanis di lapangan diharapkan proses penambangan
berjalan efektif dan efisien dapat tercapai sasaran produksi yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 12 May 2016 07:44
Last Modified: 12 May 2016 07:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item