POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID DALAM MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI (Studi di Taman Kanak-Kanak Puspita Bima I Pondok Dawung Bimomartani Ngemplak Sleman)

SHOLICHA, HESTUTYANI PUTRI (2016) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID DALAM MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI (Studi di Taman Kanak-Kanak Puspita Bima I Pondok Dawung Bimomartani Ngemplak Sleman). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Considering so many child sexual abuse in Indonesia, preschool education
especially kindergarten should act as sex educator to children. Sex education for
child is a preventation to avoid sexual abuse threat which can happen to children
at any time. Through early sex education, children will be guided in attitude
development and children will be educated in sex knowledge which surely useful
to protect children from sexual abuse threat. The type of research uses qualitative
type of research and using descriptive method which stress on observation.
Resources is collected through interview, documentation, literature review, and
observation. The result of research is analyzed by qualitative method and
presented systematically in order form and detail. By the outcome shows that
learning process of sex education method between teacher and students of Puspita
Bima I Kindergarten School uses group and intrapersonal communication
pattern. Communication process by group is completed through the model of
teacher explaining in term of “my self”(diri sendiri). At the same time when the
teacher was explaining in the class, communication process was happening
interpersonally between students. Moreover, interpersonal communication
happens between students during toilet training which is very private.
Communication between students and teacher happens in two ways by getting
some feedback from the students by asking. Furthermore, the students will reply
or answer the question from the teacher. During the communication process, the
teacher as communicator and the students as communicant uses verbal and nonverbal communication. Some kinds of media for teaching are using visual
(pictures) and audio visual (videos).
Keyword : sex education for child, communication pattern, learning method,
learning media

Melihat banyaknya penyimpangan seksual terhadap anak yang terjadi di
Indonesia, Taman Kanak-Kanak sebagai Lembaga Pendidikan anak usia dini turut
serta berperan dengan memberikan pendidikan seks bagi anak usia dini.
Pendidikan seks usia dini merupakan sebuah tindakan prevenentif untuk
mencegah terjadinya ancaman kekerasan seksual yang sewaktu-waktu bisa terjadi
pada anak usia dini. Melalui pendidikan seks usia dini, anak akan diarahkan pada
perkembangan sikap dan pengetahuan tentang seks yang tentunya akan berguna
untuk membentengi diri mereka dari ancaman kekerasan seksual. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian deskriptif, di mana metode ini menitikberatkan pada
observasi. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan
observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam
bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Dari hasil penelitian
diketahui bahwa, proses pembelajaran materi pendidikan seksual antara guru
dengan siswa di TK Puspita Bima I menggunakan pola komunikasi secara
kelompok dan secara interpersonal. Proses komunikasi secara kelompok
dilakukan pada saat guru menerangkan materi di dalam kelas, namun pada saat
yang sama terjadi pula komunikasi interpersonal antara siswa dengan siswa.
Selain itu komunikasi interpersonal juga terjadi pada kegiatan toilet training yang
sifatnya sangat pribadi. Penyampaian materi yang dilakukan antara guru dan
siswa berlangsung secara dua arah dengan mendapat umpan balik dari siswa
berupa pertanyaan yang diajukan kepada guru maupun pernyataan/jawaban yang
diucapkan siswa saat guru bertanya. Dalam proses komunikasi yang berlangsung,
baik guru sebagai komunikator maupun siswa sebagai komunikan menggunakan
komunikasi verbal dan nonverbal. Media pembelajaran yang digunakan yaitu
media visual (gambar) dan audio visual (video).
Kata kunci : Pendidikan seks anak usia dini, Pola Komunikasi, metode dan media
pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:18
Last Modified: 11 Oct 2016 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7543

Actions (login required)

View Item View Item