POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SULISTIYONO, HARI (2016) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas secara terus menerus dan berkelanjutan
merupakan salah satu ciri tata kelola pemerintahan yang baik. Komunikasi
organisasi merupakan salah satu kegiatan reformasi birokrasi di bidang
kehumasan dalam upaya mewujudkan tata kelola kehumasan yang baik menuju
pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan penciptaan kesejahteraan
masyarakat. Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Daerah Istimewa
Yogyakarta sebagai organisasi publik juga terus melakukan berbagai perubahan
untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Tujuan penelitian
adalah mengetahui pola komunikasi yang terjadi di dalam Kantor Wilayah
Kementrian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta serta hambatanhambatan yang terjadi dalam proses komunikasi. Metode penelitian menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian adalah kepala
bagian, kepala sub bagian dan juga staf Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan
HAM Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
dengan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan pola komunikasi yang terjadi di
dalam Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Daerah Istimewa
Yogyakarta dapat dibagi menjadi dua dimensi yaitu komunikasi vertikal dan
horizontal. Komunikasi organisasi karyawan di Kantor Wilayah Kementrian
Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta berjalan cukup optimal sesuai
dengan prosedur. Hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi organisasi
adalah adanya perbedaan dalam memahami suatu informasi atau tugas yang
diberikan, adanya masalah pada jaringan telepon atau media komunikasi, kondisi
kesehatan dari pengirim dan penerima pesan kurang baik, dan adanya perasaan
sungkan serta kurang percaya diri pada bawahan.
Kata kunci: pola, komunikasi, organisasi.

The quality of public services that continuously and sustainably is one of
the characteristics of good governance. The organization of communication is one
of bureaucratic reform activities in public relation with efforts to achieve good
governance of public relations towards the improvement of the quality of public
services and the creation of public welfare. Regional Office of the Ministry of
Law and Human Rights Special Region of Yogyakarta as a public organization
also continues to make various changes to provide optimal service to the
community. The research objective was to determine the pattern of
communication that occurs within the Regional Office of the Ministry of Law and
Human Rights Special Region of Yogyakarta and the obstacles that occur in the
communication process. The research method using descriptive qualitative
method. Informants in this research is the head of the section, sub-section heads
and staff of the Regional Office of Law and Human Rights Ministry Yogyakarta.
Data collection techniques that use in this research is interviews. Data analysis
technique that used is descriptive qualitative analysis method. This research found
a pattern of communication that occurs within the Regional Office of the Ministry
of Law and Human Rights Yogyakarta Special Region can be divided into two
dimensions,vertical and horizontal communication.Organizational communication
employees at the Regional Office of the Ministry of Law and Human Rights
Special Region of Yogyakarta walk quite optimal in accordance with the
procedure. Barriers that occur in the process of organizational communication is
the difference in understanding the information or assignment, a problem with the
telephone network or communications media, the health condition of the sender
and the recipient is not good, the embarrassment and lack of confidence in
subordinates.
Keywords: pattern, communication, organization.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:40
Last Modified: 11 Oct 2016 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7512

Actions (login required)

View Item View Item