ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BAHAYA ROKOK DI TELEVISI

Saputra, Alferda Jaya (2016) ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BAHAYA ROKOK DI TELEVISI. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Iklan tidak hanya ditujukan sebagai alat bisnis saja namun iklan juga dipakai sebagai alat untuk tujuan sosial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa makna bahaya asap rokok bagi kesehatan di lingkungan masyarakat pada iklan layanan masyarakat bahaya rokok oleh pemerintah Indonesia versi wanita kehilangan suara dan pemerintah Thailand versi smoking kid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika dari Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, analisis teks dan studi pustaka. Hasil penelitian dalam iklan layanan masyarakat tentang bahaya rokok bagi kesehatan oleh Kemenkes dan ThaiHealth menunjukan bahwa iklan layanan masyarakat ini menampilkan tayangan adanya sebuah edukasi maupun peringatan tentang bahaya rokok bagi kesehatan baik dari perokok pasif maupun perokok aktif. Dapat dilihat dalam iklan layanan masyarakat versi Indonesia yang menja di korban kanker pita suara karena terlalu sering terpapar asap rokok hingga iklan layanan masyarakat versi Thailand yang menayangkan langsung para perokok aktif yang sudah jelas tahu bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Dari penelitian ini iklan layanan masyarakat yang ditayangkan tersebut guna mempertegas bahwa masih banyak masyakat yang belum memiliki kesadaran penuh akan bahaya asap rokok dan sangat jelas dimana iklan layanan masyarakat tersebut memiliki tujuan untuk membangunnya kesadaran penuh akan mental masyarakat agar meyakini akan bahayanya rokok. Kata kunci: iklan, iklan layanan masyarakat, kesehatan, bahaya rokok , merokok, Kemenkes RI, ThaiHealth, semiotika. Advertising is not only intended as a business tool but advertising is also used as a tool for social purposes. Ads with social objectives is known as public service announcements. This research is using a qualitative approach with semiotic analysis method by Roland Barthes. It uses data collection tec hniques by observation, documentation, analysis of texts and literature. The results of research from the public service announcements about the dangers of smoking to health by the Indonesian Ministry of Health and ThaiHealth shows that public service announcements showing the existence of an educational display and a warning about the dangers of smoking for both of the active and passive smokers's health. It can be seen from the Indonesian public service announcements version who become victim of Laringitis because she’s often in contact with cigarette smoke, up to the Thailand public service announcements version that broadcast directly active smokers who had obviously know that smoking is very harmful for health. The conclusion of this research is the public service announcements aired in order to emphasize that there are still many communities that do not have a full awareness of the dangers of cigarette smoke and it was very clear which public service announcements has a goal to build full awareness of mental public to believe in the dangers of smoking. Keywords: advertise public service announcements, health, Indonesian Ministry of Health, ThaiHealth, semiotics.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:26
Last Modified: 10 Oct 2016 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7474

Actions (login required)

View Item View Item