ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BAHAYA ROKOK DI TELEVISI

Saputra, Alferda Jaya (2016) ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BAHAYA ROKOK DI TELEVISI. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Iklan tidak hanya ditujukan sebagai alat bisnis saja namun iklan juga
dipakai sebagai alat untuk tujuan sosial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa
makna bahaya asap rokok bagi kesehatan di lingkungan masyarakat pada iklan
layanan masyarakat bahaya rokok oleh pemerintah Indonesia versi wanita
kehilangan suara dan pemerintah Thailand versi smoking kid. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika dari Roland
Barthes. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara
observasi, dokumentasi, analisis teks dan studi pustaka. Hasil penelitian dalam
iklan layanan masyarakat tentang bahaya rokok bagi kesehatan oleh Kemenkes
dan ThaiHealth menunjukan bahwa iklan layanan masyarakat ini menampilkan
tayangan adanya sebuah edukasi maupun peringatan tentang bahaya rokok bagi
kesehatan baik dari perokok pasif maupun perokok aktif. Dapat dilihat dalam
iklan layanan masyarakat versi Indonesia yang menja di korban kanker pita suara
karena terlalu sering terpapar asap rokok hingga iklan layanan masyarakat versi
Thailand yang menayangkan langsung para perokok aktif yang sudah jelas tahu
bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Dari penelitian ini iklan
layanan masyarakat yang ditayangkan tersebut guna mempertegas bahwa masih
banyak masyakat yang belum memiliki kesadaran penuh akan bahaya asap rokok
dan sangat jelas dimana iklan layanan masyarakat tersebut memiliki tujuan untuk
membangunnya kesadaran penuh akan mental masyarakat agar meyakini akan
bahayanya rokok.
Kata kunci: iklan, iklan layanan masyarakat, kesehatan, bahaya rokok , merokok,
Kemenkes RI, ThaiHealth, semiotika.

Advertising is not only intended as a business tool but advertising is also
used as a tool for social purposes. Ads with social objectives is known as public
service announcements. This research is using a qualitative approach with
semiotic analysis method by Roland Barthes. It uses data collection tec hniques by
observation, documentation, analysis of texts and literature. The results of
research from the public service announcements about the dangers of smoking to
health by the Indonesian Ministry of Health and ThaiHealth shows that public
service announcements showing the existence of an educational display and a
warning about the dangers of smoking for both of the active and passive smokers's
health. It can be seen from the Indonesian public service announcements version
who become victim of Laringitis because she’s often in contact with cigarette
smoke, up to the Thailand public service announcements version that broadcast
directly active smokers who had obviously know that smoking is very harmful for
health. The conclusion of this research is the public service announcements aired
in order to emphasize that there are still many communities that do not have a full
awareness of the dangers of cigarette smoke and it was very clear which public
service announcements has a goal to build full awareness of mental public to
believe in the dangers of smoking.
Keywords: advertise public service announcements, health, Indonesian Ministry
of Health, ThaiHealth, semiotics.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:26
Last Modified: 10 Oct 2016 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7474

Actions (login required)

View Item View Item