ANALISIS FUNGSI MEDIA INTERNAL PUBLIC RELATIONS DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN (Studi Deskriptif Media Memorandum PT Chevron Pacific Indonesia Distrik Rumbai, Pekanbaru-Riau)

PRATIWI, ATHIKHA (2015) ANALISIS FUNGSI MEDIA INTERNAL PUBLIC RELATIONS DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN (Studi Deskriptif Media Memorandum PT Chevron Pacific Indonesia Distrik Rumbai, Pekanbaru-Riau). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI (ATHIKA PRATIWI).pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Policy, Government & Public Affairs (PGPA) merupakan salah satu departemen di PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang bertanggung jawab dalam upaya mengelola hubungan eksternal maupun internal. Pengadaan media Memorandum merupakan strategi dalam membina hubungan yang berkesinambungan dengan para karyawannya sebagai publik internal (internal relations) dengan berupaya memenuhi kebutuhan informasi para karyawan itu sendiri. Memorandum merupakan media internal CPI yang proses penyebarannya menggunakan sistem online atau melalui Email. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui “Bagaimanakah fungsi Media Internal Memorandum pada CPI dalam memenuhi kebutuhan informasi para karyawan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui fungsi-fungsi dari media Internal Memorandum yang digunakan oleh CPI. Selain itu, penulis juga ingin mengetahui tanggapan atau respon dari para karyawan CPI terhadap adanya pemanfaatan Memorandum ini sebagai media internal perusahaan. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dengan objek Memorandum sebagai media internal CPI. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara yang dilakukan penulis dengan pihak pengelola Memorandum dan beberapa karyawan CPI, kemudian melakukan observasi langsung dengan peran pasif, serta beberapa data sekunder yang diperoleh menggunakan teknik studi pustaka. Data yang terkumpul digabungkan dan dianalisis untuk kemudian diolah dan disederhanakan, lalu disusun secara sistematis. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Memorandum menjalankan beberapa fungsi, yaitu memenuhi kebutuhan informasi karyawan mengenai kebijakan dan program baru perusahaan, mengenai event internal yang akan diselenggarakan perusahaan sekaligus sebagai bentuk ajakan/undangan kepada karyawan agar berpartisipasi dalam event tersebut. Kemudian, juga sebagai media yang menyampaikan informasi dari perusahaan berupa arahan/penerangan mengenai hal tertentu kepada karyawan. Karyawan CPI mendukung dan memberikan respon yang positif, serta berharap agar pemanfaatan Memorandum dapat dipertahankan. Maka dari itu, Memorandum dianggap berfungsi dengan cukup baik dalam memenuhi kebutuhan informasi karyawan CPI. Kata Kunci : Fungsi Media Internal, Memorandum, Kebutuhan Informasi Karyawan, Policy, Governement & Public Affairs (PGPA), PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). ABSTRACT Policy, Government & Public Affairs (PGPA) is one of the departments in the PT Chevron pacific Indonesia (CPI) responsible for managing external relations efforts internally. Procurement Memorandum media is a strategy in building lasting relationships with its employees as internal public (internal relations) to attempt to meet the information needs of the employees themselves. In managing the Memorandum, PGPA empower internet facility as one of the advancement of science and technology. Therefore, the Memorandum is an internal media CPI distribution process using the online system or via email. Through this research, the authors wanted to know "How the Media functions of the Internal Memorandum on CPI in meeting the information needs of the employee?". The purpose of this research is the authors wants to know the functions of the internal media Memorandum used by the CPI. In addition, the authors also want to know the response of CPI employees against any use of this Memorandum as an internal media company. This research includes qualitative descriptive study with the object Memorandum as internal media CPI. Primary data in this research was obtained from interviews conducted by the author with the manager of the Memorandum and some CPI employees, then do a direct observation with a passive role, as well as some secondary data obtained using the technique to the study of the literature. The collected data are combined and then processed and analyzed for simplified and arranged systematically. The results of this research shows that the Memorandum run some functions, that is fulfilling the needs of employees CPI information about the company policy and new program, about the internal event that company will be held on as well as the form of solicitation to the employees for participate in that event. Then, also as a media for convey information from the company about the direction about a particular thing to an employee. CPI employees support and give a positive response, and hope that the utilization of the Memorandum can be maintained. Then from it, the Memorandum considered functioning quite well in fulfilling the needs of employees CPI information. Keyword : Internal Media Function, Memorandum, Media Information Needs Of Employees, Policy, Government & Public Affairs (PGPA), PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 06 Oct 2016 06:34
Last Modified: 06 Oct 2016 06:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7381

Actions (login required)

View Item View Item