SETYANINGRUM, FITRIANA (2016) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TEROR PEDOFILIA DI SEKOLAH JAKARTA INTERNATIONAL SCHOOL DALAM MAJALAH TEMPO EDISI 5-11 MEI 2014. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Terjadinya kasus pedofilia di Jakarta International School membuat para media di Indonesia sibuk memberitakan dari berbagai sudut pandang. Semua berita yang diinformasikan kepada khalayak itu tidak apa adanya karena media massa melakukan konstruksi agenda setting. Efek dari komunikasi yang disampaikan kepada khalayak, pasti memiliki tanggung jawab sosial. Dalam tanggung jawab sosial, informasi yang diterima memiliki efek yang positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan analisis framing untuk mengetahui bagaimanaMajalah Tempo membingkai peristiwa Teror pedofilia di JIS sehingga dapat diketahui bagaimana frame dan cara yang digunakan Majalah Tempo dalam penonjolan suatu peristiwa. Analisis framing yang digunakan dalam penelitian ini adalah model framing dari Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Metode yang dipakai yaitu penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana majalah Tempo edisi 5- 11 mei 2014 membingkai pemberitaan teror pedofilia di JIS. Hasil penelitian ini, dapat dilihat bahwa Majalah Tempo mempunyai frame yang cenderung menyalahkan pihak JIS atas apa yang terjadi. Hal ini terlihat dari keseluruhan berita yang dibuat, selain itu dapat terlihat juga dari pemilihan narasumber yang dimintai keterangan berasal dari korban yang terkait dengan kasus ini. Majalah Tempo mengkritik secara halus tanpa bermaksud menekan pihak tertentu. Untuk melakukan penonjolan mengenai suatu peristiwa, Majalah Tempo melakukan pemilihan kata yang akan digunakan dalam menyusun berita dan menggunakan istilah untuk mendukung berita yang dibuat. Model analisis framing ini dipakai untuk menjelaskan bagaimana cara menyusun fakta (sintaksis), bagaimana fakta dikisahkan (skrip) dan ditulis (tematik), kemudian bagaimana fakta tersebut ditekankan (retor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 03:27 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7276 |
Actions (login required)
View Item |