STUDI PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SWASTA DI YOGYAKARTA DALAM MERAIH PENGIKLAN ( Studi Kasus pada Radio Q FM dan Radio Geronimo FM )

PAMUNGKAS, CATUR (2016) STUDI PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SWASTA DI YOGYAKARTA DALAM MERAIH PENGIKLAN ( Studi Kasus pada Radio Q FM dan Radio Geronimo FM ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Persaingan perusahaan radio dewasa ini semakin kompetitif untuk mendapatkan konsumen. Latar belakang penelitian ini adalah semakin pesatnya perkembangan media-media baru berdampak pada persaingan mendapatkan pendengar sehingga membatasi eksistensi radio sebagai media periklanan di Yogyakarta. Peneliti memilih dua radio yang berformat FM yaitu Radio Q dan Radio Geronimo karena memiliki persamaan segmentasi pendengar. Persaingan baik diprogram, promosi, dan iklan untuk menarik perhatian konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai strategi komunikasi pemasaran Radio Q dan Radio Geronimo untuk menarik pengiklan. Upaya-upaya yang dilakukan Radio Q dan Radio Geronimo dalam menghadapi persaingan antar kompetitor,dan hambatan-hambatan yang dialami dalam menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori penyampaian dan produksi pesan untuk meneliti strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan kedua radio tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sehingga memperoleh hasil yang mendalam untuk mengetahui secara sistematis pada pemasaran kedua radio. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan divisi pemasaran Radio Q dan Radio Geronimo, klien dan pendengar kedua radio. Adapun untuk mendapatkan validitas dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran antara Radio Q dan Radio Geronimo secara substansial tidak banyak berbeda. Keduanya menggunakan kelima elemen komunikasi pemasaran yakni periklanan, penjualan pribadi, penjualan sales, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Namun perbedaannya terletak pada upaya menghadapi persaingan, Radio Geronimo konsisten pada anak muda sedangkan Radio Q telah melebar dari anak muda menjadi keluarga. Kata kunci : Komunikasi pemasaran, radio, pengiklan, radio Q dan Geronimo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Oct 2016 02:45
Last Modified: 04 Oct 2016 02:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7165

Actions (login required)

View Item View Item