STRATEGI KAMPANYE BEBAS ROKOK OLEH DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA

MELATI, DARA SUKMA (2016) STRATEGI KAMPANYE BEBAS ROKOK OLEH DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Merokok sudah menjadi life style di kalangan masyarakat terutama laki-laki dan tak sedikit juga perempuan yang merokok. Sementara lingkungan se kitar mereka (perokok) banyak yang bukan perokok atau sering disebut j uga perokok pasif. Tidak ada ma nfaat yang didapatkan dari merokok untuk para perokok aktif karena mer okok dapat menimbulkan berbagai penyakit, terutama asap dari para perokok aktif tersebut sangat mengganggu bagi pa ra perokok pasif yang ada di lingkungan perokok aktif. Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta membuat sebuah program kampanye bebas asap rokok unt uk melindungi para perokok pasif dari bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok dari perokok ak tif. Tujuan dari peneli tian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi kampanye bebas as ap rokok yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam upaya melindungi para perokok pasif. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adal ah metode penelitian deskriptif. Data yang didapat adalah dari pihak – pihak yang dapat memberikan informasi selengkap – lengkapnya. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, pengamatan langsung atau observasi dengan pi hak Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, QTI, dan masyarakat secara langsung yang menggunakan kuesioner untuk me mperoleh data yang akurat dan langsung dari opini masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stra tegi kampanye yang digunakan pihak Dinas Kesehatan Kota Yogya karta adalah strategi yang m udah dimengerti dan diikuti oleh masyarakat luas. Yaitu dengan me nggunakan strategi pemberdayaan karena dengan strategi ini, masyarakat bisa mendapatkan informas i melalui penyuluha n-penyuluhan secara continue serta masyarakat merasa lebih terlibat dan setiap ke giatan yang dilakukan benar-benar berasal dari kebutuhan masyarakat. ABSTRACT Smoking has become a life style among the people especially men, and not least, women who smoke. While the environment around them (sm okers) many non-smokers or passive smokers often called. There is no benefit obtained from active smoking to smokers because smoking can cause various diseases, especially smoke from active smokers is ve ry disturbing for the passive smokers who are active smokers in the environment. Theref ore the City Health Office Yogyakarta create a smoke-free campaigns to prot ect passive smokers from the dangers posed by secondhand smoke from active smokers. The purpos e of this study is to analyze and identify smoke-free campaign strategy conducted in Yogyakarta City Health Office in an effort to protect passive smokers. In accordance with the purpose of th is study the method used in this research is descriptive research methods. The data is obtain ed from the parties - pa rties that can provide complete information - complete. This study used the technique in-depth interviews, direct observation or observation by the C ity Health Office Yogyakarta, QTI, and the people directly who used a questionnaire to obtain accurate data and directly from public opinion. The results showed that the campaign strategy that used the C ity Health Office Yogyakarta is a strategy that is easily understood and followed by the public. That is by using a strategy of empowerment because with this strategy, the public can obtain information through the extension-extension to continue and the community feel more involved and any activities conducted completely derived from the needs of the community.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:26
Last Modified: 03 Oct 2016 07:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7149

Actions (login required)

View Item View Item