PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO JARINGAN DAN RADIO LOKAL DI YOGYAKARTA DALAM MERAIH PENGIKLAN ( Studi Deskriptif pada Radio Pram bors FM dan Radio Geronimo FM )

Febriyan Rusmana, Rangga (2016) PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO JARINGAN DAN RADIO LOKAL DI YOGYAKARTA DALAM MERAIH PENGIKLAN ( Studi Deskriptif pada Radio Pram bors FM dan Radio Geronimo FM ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI RANGGA FEBRIYAN RUSMANA _153070105_.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Radio siaran seperti halnya medi a lainnya, hidup dan berkembang dari aktivitas periklanan. Pengiklan kini semaki n selektif dalam menentukan media mana yang akan digunakannya. Yogyakarta sebagai kota yang terus berkembang dikatakan memiliki potensi besar dalam berbagai ha l termasuk dalam industri radio. Berbagai stasiun radio mulai tumbuh, diantaranya ra dio Prambors Jogja da n radio Geronimo yang memiliki segmentasi anak muda. Kesamaan segmentasi tersebut menjadikan kedua radio ini perlu mene rapkan strategi komunikasi pemasaran guna mencari pengiklan. Hal tersebut yang menjadi pe rmasalahan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh radio Prambors dan radio Geronimo, memb andingkan strategi pemasaran dari kedua radio tersebut serta mengetahui upaya yang dilakukan dalam me nghadapi persaingan radio swasta di Yogyakarta. Penelitian in i menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis deskriptif komparatif. Teknik pe ngumpulan data melalui wawancara, dengan divisi marketing dan program dari radio Prambors Jogja dan radio Geronimo,serta ahli pemasaran radio. Data-data diperkua t studi pustaka dan dokumentasi. Teknik mnganalisa dengan menggunakan teknik ana lisa data menurut Patton yaitu reduksi data, penyajian data, Verifikasi dan kesim pulan serta dipaparkan secara deskriptif komparatif. Adapun untuk mendapatkan validitas dengan menggunakan metode triangulasi yaitu triangulasi yang dikonfirmasi dari nara sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan startegi komunikasi pemasaran antara radio Prambors Jogja dan radio Geronimo secar a substansial tidak berbeda. Keduanya menggunakan kelima elemen pemasaran yakni periklanan, publisitas, promosi penjualan, penjualan perorangan dan direct marketing . Perbedaan tersebut terletak pada isi program acara dimana hal tersebut untuk menunjukan ciri khas dari masing- masing radio. Radio Prambors Jogja adalah radio jaringan ditahun 2011 hanya gencar untuk promosi dan tidak melakukan pencaria n klien yang bertujuan menanamkan brand awareness kepada pendengar. Pembiayaan oprasional radio Prambors Jogja setiap melakukan kegiatan off air maupun on air diperoleh dari Prambors Pusat Jakarta. Sementara itu radio Geronimo setiap tahun divisi marketing ditargetkan untuk order iklan mengalami peningkatan sebanyak 20%, hal ini bertujuan untuk pembiayaan oprasional kegiatan-kegiata n yang dilakukan Geronimo mengingat radio Geronimo adalah radio lokal yang berdir i sendiri. Menghadapi persaingan dengan radio swasta lain dilakukan dengan upaya menguatk an segmentasi dan menerapkan harga khusus. Strategi komunikasi pemasa ran yang dilakukan oleh radio Prambors dan Radio Geronimo dapat dikatakan cukup efektif dengan adanya peningkatan jumlah order iklan. ABSTRACT Broadcast radio as does other media, runs and develops from, advertising activities. Now a day, advertisers are more selective on deciding with media they will use. Yogyakarta, as a fast developing city, has many big potential, including on commercial radio industry. Many commercial radios started to grow, such as radio Prambors Jogja and radio Geronimo. Both aimed at young as their market segmentation, with this similiarity, both radios have to have a good marketing communication strategy conducted by both ra dio Prambors Jogja and radio Geronimo compare both strategy and identify certain e ffort that has been done by both radios in facing competition of commerc ial radio industry in Yogy akarta. This research is using qualitative method, with comparative-de scriptive based. The data collection is conducted by several interviews with mark eting and program division of both radio Prambors Jogja and radio Geronimo. Techni que analyse by using technique analyse the data according to Patton that is redu ce the data, data presentation, verification conclusion, and being described comparative descriptively. More over, to get data validity, I use triangulation method confirmation from resource person. The research result show that, substantially marke ting communication strategy between radio Prambors Jogja and radio Geronimo isn`t much different. Both radios use five marketing elements its advertisement, public ity, personal selli ng, sales promotion, and direct marketing. The only difference is on the content of their programs, where they try to show their own uniqueness and to facing competition with other commercial radios. Radio of Prambors Jogj a is a network radi o of year 2011 only intensively for the promotion and do not to conduct the client which aim to inculcate the brand awareness to listener. Defrayal of radio Prambors jogja oprational every doing activity off air and also on air got from Jakarta Prambors center. Meanwhile, the division marketing radio Geronimo ta rgeted for the order of advertisement experience of the improvement as much 20% every year, this matter for the operational activty defrayal that doing by Geronimo because radio Geronimo is selfsupporting local radio . both radios strengthen their market segmentation and offer special price. Marketing communication stra tegy done by both radi o can be classify as effective strategy, proven by the increase of the sum of advertisement gained by them.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 03 Oct 2016 06:21
Last Modified: 03 Oct 2016 06:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item View Item