Dwi Astanti, Yuli and Ristyowati, Trismi (2016) Pengembangan Model Simulasi Sistem Dinamis Keseimbangan Jumlah Input - Output Mahasiswa. Jurnal OPSI FTI UPN "Veteran" Yogyakarta, 9 (1). pp. 69-75. ISSN 1693-2102
|
Text
6. OPSI TI UPN Yuli Dwi Astanti.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
5. OPSI TI UPN YDA Cover.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
5. OPSI TI UPN YDA Daftar.pdf Download (518kB) | Preview |
Abstract
Kelancaran proses belajar mengajar dalam sebuah program studi tidak hanya dilihat dari komponen fasilitas yang disediakan oleh program studi tersebut, namun juga dilihat dari interaksi antar komponen dalam sistem tersebut. Dosen merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah program studi. Sudah diatur dalam perundang-undangan di Indonesia bahwa jumlah objek yang diproses (anak didik) dalam sebuah program studi harus seimbang dengan jumlah sumber daya (dosen) yang ada demi kelancaran proses pembelajaran. Pada prakteknya, dikarenakan beberapa hal penerimaan mahasiswa baru dalam sebuah program studi tidak mengindahkan jumlah dosen yang ada. Hal ini tidak hanya berdampak pada proses pembelajaran namun juga pada tidak lancarnya laju kelulusan mahasiswa, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara jumlah mahasiswa yang masuk (mahasiswa baru) dan mahasiswa keluar (lulus/DO). Penelitian kali ini akan berusaha mengembangkan sebuah model dinamis laju masuk dan keluarnya mahasiswa dalam sebuah program studi. Hasil dari pengembangan model ini adalah sebuh model simulasi sistem dinamis seimbang antara jumlah input output mahasiswa. Model simulasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai salah satu alat pendukung keputusan dalam kebijakan penerimaan mahasiswa baru. Kata Kunci : simulasi, permainan, pengadaan, sistem produksi, beer game
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:55 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 08:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7119 |
Actions (login required)
View Item |