MODEL KONSEPTUAL STRATEGI MASS CUSTOMIZATION UNTUK MENDUKUNG INOVASI FRUGAL

Dwi Astanti, Yuli (2012) MODEL KONSEPTUAL STRATEGI MASS CUSTOMIZATION UNTUK MENDUKUNG INOVASI FRUGAL. In: Proceeding Industrial Engineering (IEC) Peranan Technologi dan Inovasi dalam pembangunan berkelanjutan.

[thumbnail of 2. IEC 2012 Yuli Dwi Astanti.pdf]
Preview
Text
2. IEC 2012 Yuli Dwi Astanti.pdf

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of 1. Scan IEC 2011 YDA Cover + Daftar.pdf]
Preview
Text
1. Scan IEC 2011 YDA Cover + Daftar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mass Customization (MC) merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk
sesuai dengan keinginan konsumen secara individu dalam jumlah banyak dengan efisiensi layaknya
menghasilkan produk standart secara massal. MC memungkinkan konsumen untuk ikut serta dalam
desain produk. Senada dengan hal tersebut, Inovasi Frugal (IF) merupakan serangkaian kegiatan
perusahaan untuk menhasilkan produk inovatif dalam memenuhi kebutuhan konsumen atas fungsi
utama produk dengan harga yang sangat murah sehingga terjangkau oleh kalangan menengah ke
bawah. Dalam MC, strategi digunakan untuk menghasilkan produk premium dengan melakukan
kustom terhadap produk standart yang diproduksi secara massal. MC dapat mengakomodir berbagai
fitur sesuai keinginan konsumen namun tetap efisien. Makalah ini akan mencoba membuat model
konseptual implementasi strategi MC untuk menghasilkan produk dengan inovasi frugal. Dimana
keinginan individu akan diwakili oleh keinginan lokal dan kustom produk tidak dilakukan untuk fitur
produk namun pada batasan daya beli konsumen dan batasan sumber daya. Model konseptual yang
dihasilkan menggambarkan bahwa, strategi utama MC dapat digunakan tidak hanya untuk produk
premium, namun juga produk frugal dengan merubah tujuan strategi MC. Strategi konsumen sebagai
co-designer berfungsi untuk menentukan batasan daya beli dan kebutuhan lokal. Selain itu, strategi
komponen modular MC yang berfungsi untuk mengakomodir keterbatasan sumber daya dan menjaga
eksistensi fungsi utama produk.

Kata Kunci: mass customization, inovasi frugal, model konseptual

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:15
Last Modified: 03 Oct 2016 08:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item