PELUANG PENERAPAN KONSEP SUSTAINABLE MANUFACTURING PADA PRODUK MASS CUSTOMIZATION

Dwi Astanti, Yuli (2011) PELUANG PENERAPAN KONSEP SUSTAINABLE MANUFACTURING PADA PRODUK MASS CUSTOMIZATION. In: Proceeding Industrial Engineering (IEC).

[img]
Preview
Text
1. IEC 2011 Yuli Dwi Astanti.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Scan IEC 2011 YDA Cover + Daftar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mass Customization (MC) dipopulerkan oleh Pine pada tahun 1993. MC merupakan sebuah kemampuan perusahaan untuk menciptakan produk dengan variasi yang tinggi sesuai keinginan konsumen secara individu namun dengan biaya yang relatif efisien layaknya menciptakan produk standar secara massal. Sebagai sarana untuk menciptakan produk sesuai keinginan individu, MC menempatkan konsumen sebagai co-designer. Sebagai co-designer, konsumen ikut andil dalam desain produk sesuai dengan level MC yang diimplementasikan perusahaan. Dengan desain yang sesuai keinginan konsumen membuat setiap aktifitas yang dilewati produk selama siklus hidup produk berbeda. Setiap aktifitas selama siklus hidup produk berpengaruh terhadap konsumsi energi dan material dalam hubungannya dengan usaha pengehematan melalu pembangunan berkelanjutan. Beberapa peluang tersebut diantaranya dalam hal penggunaan material, persediaan, penggunaan komponen modular, masa Pakai, proses pembelian produk. Kata kunci: Mass Customization, Sustainable Manufacture

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:08
Last Modified: 03 Oct 2016 08:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7102

Actions (login required)

View Item View Item