Baskorojati, Dwiki (2016) Analisis Isi Pesan Iklan Hotel Pada Majalah “Kabare” Periode Bulan Oktober 2013 – Maret 2014. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Hotel di Yogyakarta yang saat ini tumbuh sangat pesat membuat
persaingan semakin ketat. Gencarnya promosi yang dilakukan oleh pihak hotel
membuat media ramai menjadi media perantara. Berbagai macam keunggulan
hotel mereka tonjolkan demi menarik konsumen melalui iklan. Gaya beriklan
yang sudah monoton dalam memberikan informasi produk dinilai sudah tidak
efektif lagi. Majalah “Kabare” yang hadir di tengah masyarakat merupakan
majalah komunitas budaya yang menjadikan hotel sebagai perhatian khusus. Hal
inilah yang melatarbelakangi penulis untuk memilih majalah “Kabare” sebagai
objek penelitian. Metode yang digunakan dalam membantu penelitian ini adalah
metode analisis isi dan juga menggunakan teknik pengkodingan. Dengan populasi
majalah sebanyak 6 buah dan ditemukan 23 sampel populasi. Dari hasil penelitian
didapatkan beberapa hal penting yang dapat menafsirkan isi dari pesan iklan hotel.
Dari segi klasifikasi hotel didapatkan hotel yang belum berklasifikasi yang justru
paling dominan dibandingkan klasifikasi hotel yang sudah berbintang. Untuk
fungsi komunikasi iklan itu sendiri didapatkan hasil sebagai membangun citra
sebagai pesan yang sering dijumpai dalam iklan. Dari sisi ilustrasi pun didapatkan
illustration of the product setting yang paling banyak digunakan dalam iklan
hotel. Body copy dalam iklan adalah isi naskah dalam iklan dan yang paling
dominan adalah factual copy dan card copy. Pendekatan penyampaian pesan yang
digunakan pun lebih dominan menggunakan pendekatan secara emosional. Dilihat
dari segala aspek yang ditemukan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
isi pesan iklan hotel yang ingin dibentuk adalah untuk membangun citra. Pesan
iklan ini dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak dan sesuai dengan apa
yang diinginkan oleh pihak pengiklan.
Kata kunci : iklan hotel, pesan
xviii
ABSTRACT
Hotels in Yogyakarta which lately currently growing very rapidly make
the competition tighter. Incessant promotion doing by the hotel make the media
crowded. A wide variety of hotel they highlight excellence in order to attract
consumers through advertising. Monotonous style of advertising that has been in
providing information products considered to be no longer effective. The
"Kabare" magazine is a local magazine that present in the community is a
community magazine culture that makes the hotel a special attention. It is what
lies behind the author to choose the "Kabare" magazine as research objects. The
method used in this research is to help content analysis method and also using
coding techniques. With a population of as many as six pieces of magazine and
discovered 23 populations sampled. From the results, a few important things you
can interpret the content of messages advertising the hotel. In terms of hotel
classification obtained hotels that have not been classified as the most dominant
even than the already star hotel classification. For advertising communication
function itself is obtained as image building as a message that is often found in
advertising. From the illustrations was obtained illustration of the product settings
are most widely used in advertising the hotel. Body copy in the ad is the content
in advertising and are predominantly factual and card copy. Messaging approach
used was more dominant in an emotional approach. Viewed from any aspect that
is found from the research results can be concluded that the hotel advertising
messages to be formed is to build the image. The advertising message can be
conveyed well to the audience and in accordance with what is desired by the
advertiser.
Keyword : ads hotel, message
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 03:58 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 03:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |